Lombok Post
Metropolis

Semoga Tak Fiktif Lagi

TUGU
TUGU BUMIGORA: Tugu Bumigora sudah nampak tak terawat dengan berbagai coretan dari tangan-tangan jahil.

* Pertamanan Siap Poles Taman Tugu Bumigora

MATARAM – Tahun ini, taman Tugu Bumigora bakal dipoles. Dengan dana sekitar seratus jutaan rupiah, tugu bersejarah itu akan diperindah.Kabid Ruang Terbuka Hijau, Dinas Pertamanan Kota Mataran Nanang Edwar mengatakan, area taman akan dipasangkan papin blok dan batu sikat. Selain itu, jumlah sanitasi taman juga akan ditambah. “Kita akan mulai mengerjakannya pertengahan tahun ini,” pungkas Nanang.

Sementara itu, Tugu Bumigora juga tak luput dari perhatian pemerintah. Tugu yang dibangun tahun 1988 itu akan mendapat perawatan. Sebab sudah terlalu banyak coretan-coretan tak bermakna, dari tangan orang-orang tak bertanggung jawab. Pengecatan sampai penambahan lampu taman akan dilakukan. Dananya berasal dari dana pemeliharaan rutin. “Soalnya, tugu itu juga penting,” kata Nanang.

Tak jauh dari taman Tugu Bumigora, Hutan Kota yang berada pada sisi utara dan selatan juga menjadi target pemeliharaan di tahun ini. Dinas Pertamanan Kota Mataram akan menambah bunga dan sanitasi. Selain memperindah kota, langkah ini diharapkan bisa menekan angka PKL di lingkungan hutan kota. Maklum, jumlah PKL semakin banyak.

Dengan adanya pemeliharaan, PKL diharapkan tidak lagi membuka lapak baru di area Taman Udayana. “Jadi pedagang hanya boleh berdagang di lokasi yang telah kita sediakan saja,” kata Nanang.

Dinas Pertamanan juga telah melakukan kesepakatan dengan para pedagang. Jika ada acara-acara pemerintah atau swasta, para pedagang tidak boleh ada jualan,A� “Sebab itu yang memicu kerusakan ruang terbuka hijau,” terangnya.

Semoga niat Dinas Pertamanan ini berjalan lancar. Kegiatan pun benar-benar dilakukan sesuai anggaran yang ada. Tidak lagi diduga fiktif seperti sejumlah proyek serupa di 2014 lalu. (cr-mad/r8)

Berita Lainnya

Gerbang Kota Ikut Terseok-Seok!

Redaksi Lombok Post

Spa Abal-Abal Kembali Tersenyum

Redaksi Lombok Post

Usia 16 Tahun Terlarang Menikah

Redaksi Lombok Post

330 Tukang RISHA Minggat, Rumah Korban Gempa Baru Jadi 85 Unit

Redaksi Lombok Post

Ogah Berniaga di Jalan Niaga

Redaksi LombokPost

Tolong, Jangan Masuk Angin!

Redaksi LombokPost

Volume Monumen Tak Sesuai Kontrak, Rekanan Didenda Rp 1,2 Juta Perhari

Redaksi LombokPost

Baginya, yang Penting Jangan Mengemis!

Redaksi LombokPost

Ibu Kota kok Kotor?

Redaksi LombokPost