Bima - Dompu

WTP Pertama untuk Dompu

* HBY: Ini Kado Buat Masyarakat Dompu

DOMPU – Pemkab Dompu akhirnya berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam hal pengelolaan keuangan tahun 2014 dari badan pemeriksa keuangan (BPK) RI.

Opini WTP disampaikan dalam laporan LHP yang diterima langsung pada Bupati Dompu Drs H Bambang M Yasin di Kantor Perwakilan BPK Mataram, kemarin. Bupati saat itu didampingi Sekda H Agus Buhari, Kepala Inspektorat Ir H Syaiful HMS, Kadis PPKAD Drs H Muhibuddin, dan Kasubag Protokol Humas Ardiansyah. (Berita terkait, baca halaman satu, Red).

Dengan diterimanya opini WTP, maka inilah pertama kali Pemkab Dompu menerima status tertinggi dalam hal pemeriksaan keuangan oleh BPK. Selain Kabupaten Dompu yang menerima WTP yakni Kota Mataram, Kota Bima, Kabupaten Lombok Barat, KSB, dan KLU.

Sementara yang mempertahankan WTP adalah Kabupaten Sumbawa dan Loteng. Untuk Kabupaten Lombok Timur dan Kabupaten Bima masih berstatus wajar dengan pengecualian (WDP).

Bupati Dompu Drs H Bambang M Yasin usai menerima opini WTP mengaku merasa terharu karena setelah sekian tahun berjuang keras untuk mewujudkan status WTP.

Awal menjabat 2010 status yang disandang Pemkab Dompu yakni disklaimer atau BPK tidak memberikan penilaian. Kemudian tahun 2013 Pemkab Dompu naik status menjadi Wajar Dengan Pengecualian (WDP) atas hasil LHP BPK tahun 2012.

Puncaknya di tahun 2015 ini setelah melakukan serangkaian perbaikan sistem pengelolaan keuangan dan aset daerah maka diraihlah opini WTP. Bupati H Bambang mengaku prestasi yang diraih pemkab ini merupakan kado bagi dirinya yang akan mengakhiri masa jabatan di tahun 2015 ini. a�?Ini kado terakhir yang bisa saya persembahkan pada masyarakat Kabupaten Dompu,a�? ujar Bupati.

Dengan diraihnya predikat WTP ini diyakininya akan diikuti dukungan pembiayaan dari pusat. Bupati berharap agar jumlah ABPD ditahun 2016 mendatang dapat bertengger diatas Rp 1 triliun, karena sementara ini masih berada di angka Rp 700 miliar lebih. (am/r9)

Related posts

Ada Laporan, Kejari Bima Siap Usut

Redaksi Lombok post

Warga Sondosia Meninggal Disambar Petir

Redaksi Lombok post

MTQ Kota Bima XI Dimulai

Redaksi Lombok post

Leave a Comment