Lombok Post
Bima - Dompu

Panen, Harga Bawang Anjlok

PANEN: Tampak sejumlah petani di Desa Malaju, Kecamatan Kilo sedang memanen bawang.

DOMPU – Bawang di Kecamatan Kilo memasuki masa panen. Namun sayang, harganya sangat rendah.

Menurut petani setempat, harga bawang beberapa minggu lalu mencapai Rp 30 ribu per kilogram. Namun hingga kemarin, harganya berkisar antara Rp 13 ribu sampai Rp 17 ribu per kilogram.

Fariadin, petani asal Desa Malaju mengatakan, menurunnya harga bawang terjadi sejak beberapa minggu terakhir. Padahal sebelumnya harga bawang cukup tinggi, yakni Rp 30 ribu per kilogram.

Diduga penurunan harga bawang terjadi akibat masa panen serentak dengan bawang di wilayah Sumbawa. “Biasanya kalau masa panennya bersamaan dengan bawang Sumbawa, harga bawang akan turun. Sebab jumlah bawang di Sumbawa cukup banyak,” katanya pada Radar Dompu, Selasa (2/6) kemarin.

Penurunan harga itu dinilai tidak sesuai dengan harga pasar saat ini. Apalagi diketahui harga berbagai kebutuhan pokok menjelang bulan Ramadan meningkat. “Menjelang bulan puasa, seharusnya harga bawang meningkat. Tapi di sini malah menurun,” keluhnya.

Bahkan diakui, tidak ada harga tetap yang ditentukan setiap tahunnya. Terkadang meningkat, terkadang juga menurun. “Untuk mengetahui harganya, kami menunggu hasil penjualan dari petani yang sudah panen lebih awal,” pungkasnya. (cr-fir/r9)

Berita Lainnya

IKKB Papua Barat Bantu Korban Gempa

Redaksi LombokPost

Etos Kerja Harus Meningkat selama Ramadan

Pemkot Bima Lanjutkan Perbaikan Infrastruktur Sisa Banjir

Redaksi LombokPost

Miliki Sabu, IRT Diringkus

Ops Ketupat Gatarin 2018 Dimulai

Masih Ditemukan Makanan Kedaluwarsa

Penataan Ama Hami Dilanjutkan

Berkas Ketua PDIP Kota Bima Dilimpahkan ke Kejaksaan

Redaksi LombokPost

KPU Kota Bima Mulai Lipat Surat Suara