Lombok Post
Bima - Dompu

Air Bersih Sulit, Warga Mandi di Kali

* Berkunjung ke Kecamatan Wawo Saat Musim Kemarau

Air bersih di Kecamatan Wawo, masih merupakan kendala bagi masyarakat. Meski demikian, berbagai upaya terus dilakukan untuk memenuhi hajat orang banyak itu. Diantaranya melakukan pipanisasi untuk mengalirkan air dari sumber mata air ke permukiman. Berikut catatannya.

Meski mendapat bantuan dana untuk pipanisasi dari pemerintah, namun karena debit air sangat kecil sehingga tidak semua warga bisa menikmati air bersih tersebut.

Apalagi sistem pemasangan pipa di mata air tersebut tidak menggunakan cara yang benar. Ya sekadar cara sekemampuan mereka sebagai masyarakat pedesaan. Uluran tangan Dinas Pekerjaan Umum Pengairan, nampaknya sangatlah dibutuhkan. “Cara pemasangan pipa di mata air yang kurang bagus, sehingga air sering mengecil karena pipa tertutup pasir,” cerita mantan Kepala Desa Kambilo, Taufiqurrahman H Syuaeb.

Seharus, beberapa meter dari hujung pipa ada bak penyaring. Ini sangat penting agar tekanan air bisa lebih deras lagi. Tapi karena terbatasnya dana, masyarakat hanya menerima apa adanya.

Akibat pemasangan pipa yang kurang bagus, akhirnya belum semua warga bisa menikmati air bersih. Masih banyak warga yang cuci dan mandi di sungai. Setiap pagi dan sore mereka mandi di sumur yang terletak di tengah sungai Kambilo.

Lucunya lagi, beberapa waktu lalu, tiga pompa air yang dipasang di pinggir sungai dicuri orang. Akhirnya warga kesulitan air. Padahal, pompa tersebut dari hasil urunan warga sendiri. (Nasaruddin Ismail)

Berita Lainnya

IKKB Papua Barat Bantu Korban Gempa

Redaksi LombokPost

Etos Kerja Harus Meningkat selama Ramadan

Pemkot Bima Lanjutkan Perbaikan Infrastruktur Sisa Banjir

Redaksi LombokPost

Miliki Sabu, IRT Diringkus

Ops Ketupat Gatarin 2018 Dimulai

Masih Ditemukan Makanan Kedaluwarsa

Penataan Ama Hami Dilanjutkan

Berkas Ketua PDIP Kota Bima Dilimpahkan ke Kejaksaan

Redaksi LombokPost

KPU Kota Bima Mulai Lipat Surat Suara