Lombok Post
Bima - Dompu Headline

Pekan Ini, Desa Banjir Duit

Asyik…Hujan Uang
Ilustrasi hujan uang

BIMA – Kabar gembira untuk masyarakat Kabupaten Bima. Pasalnya, Dana Desa APBN (DDA) 2015 akan segera dicairkan dalam minggu pertama bulan ini. Demikian disampaikan Kepala BPMDes melalui Kabid Pemdes, Mardiana SH.

Dia menjelaskan, alokasi dana untuk desa sudah diajukan awal Juni kemarin. Dia memperkirakan anggaran tersebut akan dicairkan pada pekan depan. “DDAnya akan masuk langsung ke rekening masing-masing desa,” ujar Mardiana saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Kata dia, DDA dari APBN untuk Kabupaten Bima mencapai Rp 21 miliar lebih. Dana itu diperuntukkan bagi 191 desa, untuk perncairannya tergantung desa. a�?Rencana penggunaan uang sudah kami ajukan ke bagian keuangan. Tinggal menunggu persetujuan saja,” terangnya.

Dari 191 desa penerima DDA, Desa Sampungu, Kecamatan Soromandi paling banyak menerima anggaran, sebesar Rp 1.029.846.257. Sedangkan yang paling sedikit menerima DDA adalah Desa Dore Kecamatan Palibelo sebesar Rp 610 juta.

“Jadi sekarang tidak ada lagi desa yang menerima DDA di bawah Rp 500 juta,” paparnya.

Dia berharap, setelah pencairan desa membelanjakan uang sesuai peruntukkan yang sudah dituangkan dalam APBDes. Di samping itu, pemerintah desa harus melakukan sosialisasi kepada warga terkait penggunaan dana tersebut.

“Kita harapkan penggunaan anggaran itu transparan. Masyarakat juga harus mengawasi penggunaan dana ADD maupun DDA,a�? pungkasnya. (ory/r9)

Berita Lainnya

Korban Gempa Tagih Janji Jokowi

Redaksi LombokPost

Bantuan Air Bersih Dihentikan

Redaksi LombokPost

Pembangunan Rumah Korban Gempa Lamban

Redaksi LombokPost

Pilkades Serentak Harus Dievaluasi

Redaksi LombokPost

4564 Honorer Lotim Akan Dievaluasi

Redaksi LombokPost

Akhirnya Darmaga Labuhan Haji Dikeruk Juga!

Redaksi LombokPost

7.000 Petisi Penolakan Juknis Bantuan Gempa

Redaksi LombokPost

Target Diprediksi Meleset!

Redaksi LombokPost

Jembatan Sungai Jangkuk Longsor!

Redaksi LombokPost