Lombok Post
Ekonomi Bisnis Headline

Laporan Keuangan Sesuai Standar Internasional

Foto: Suara Merdeka

JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyepakati perjanjian kerja sama dengan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) untuk mendorong adanya good governance dalam penyusunan laporan keuangan dari industri jasa keuangan.

IAI merupakan organisasi profesi yang menaungi akuntan di seluruh Indonesia. IAI bertanggung jawab terhadap penyusunan Standar Akuntansi Keuangan dan pengembangan profesi akuntan di Indonesia.

Anggota Dewan Komisioner dan Ketua Dewan Audit OJK Ilya Avianti mengungkapkan dalam kerja sama dengan IAI, OJK mendorong adanya good governance dan adanya pelaporan keuangan dengan standar internasional.

“Akuntan publik bersama-sama meng-encourage industri jasa keuangan supaya pelaporannya bisa transparan dan bisa akuntabel,a�? katanya. Memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN ini kata dia, Indonesia sudah harus masuk ke dalam standar internasional dalam penyusunan laporan keuangan yang berbasis International Financial Reporting Standards (IFRS).

Meski begitu, dia juga tidak akan memaksa untuk diterapkannya laporan keuangan yang berbasis IFRS. Hal itu karena penerapan IFRS tidaklah mudah. Akan tetapi, dia mengingatkan bahwa telah ada standar akuntansi ETAP (Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik). “Kita tidak memaksakan, kan ada IFRS (IFRS-ETAP) yang tidak terlalu rumit,” tambahnya.

Pelaksanaan MEA, lanjutnya, menuntut perusahaan-perusahaan di Indonesia harus segera melaksanakan implementasi good corporate governance melalui akuntan. Tata kelola yang baik juga bergantung dari kesiapan perusahaan dalam sebuah industri.

Jika belum sepenuhnya siap, implementasi tata kelola juga bisa dilaksanakan bertahap. Ilya mengungkapkan bahwa harus ada target yang jelas dari perusahaan-perusahaan tersebut. “Harus sejalan dengan international standard. Mungkin tidak bisa sekaligus, tapi kita berikan target kematangan, itu bertahap. Jadi, memang harus siap dan tidak bisa OJK sendiri, jadi harus semua pihak yang bisa menyiapkan bersama supaya kita tidak kalah dalam era MEA ini,” tuturnya.(dee/tia/r12)

Berita Lainnya

Spa Abal-Abal Kembali Tersenyum

Redaksi Lombok Post

Usia 16 Tahun Terlarang Menikah

Redaksi Lombok Post

330 Tukang RISHA Minggat, Rumah Korban Gempa Baru Jadi 85 Unit

Redaksi Lombok Post

Masih Banyak Warga Loteng Buang Air Besar Sembarangan

Redaksi LombokPost

Pemkab dan ITDC Raih Penghargaan ISTA

Redaksi LombokPost

Ahli: Penangkapan Muhir Bukan OTT

Redaksi LombokPost

Pola Prabowo-Sandi dan Jokowi-Ma’ruf Serupa

Redaksi LombokPost

Kades Jangan Alergi Diperiksa!

Redaksi LombokPost

Surya Paloh Road Show ke Lombok

Redaksi LombokPost