Lombok Post
Metropolis

Petugas Kelurahan Kok Pungli?

Lurah Kekalik Jaya, Fathurrahman
Lurah Kekalik Jaya, Fathurrahman

MATARAM – Isu adanya pungutan liar berkembang di Kelurahan Kekalik Jaya, Kecamatan Sekarbela. Salah seorang warga yang meminta surat pengantar pembuatan Kartu Keluarga mengeluhkannya.

“Untuk membuat surat pengantar, katanya ada biaya administrasi. Padahal dalam aturan semua biaya untuk pembuatan surat kependudukan digratiskan. Gimana ini? Kok masih ada pungli,” ungkap seorang warga yang enggan dikorankan namanya.

Lombok Post kemudian melakukan klarifikasi pada Lurah Kekalik Jaya, Fathurrahman. Sesuai prediksi, sang Lurah langsung memberi bantahan. “Semua masalah pengurusan terkait surat kependudukan itu tidak dipungut biaya. Kalaupun memang ada laporan seperti itu, saya akan tindak tegas oknum petugasnya,” kata Fathurrahman.

Menurutnya, warga yang ditarik pungutan tidak boleh membiarkan begitu saja praktek pungli. Warga bisa melaporkan hal tersebut kepada lurah. Sehingga, praktik pungli seperti ini tidak berlanjut.

Sebelumnya, sekretaris kelurahan Kekalik Jaya yang ditemui di Kantor Lurah juga mengatakan, semua pengurusan terkait catatan kependudukan gratis. “Warga juga harus pintar. Karena dalam aturan memang tidak ada pungutan apapun. Kecuali kalau masalah pengurusan izin. Itupun tidak ada paksaan,” jelasnya.

Dengan adanya kejadian ini, warga Kekalik Jaya berharap pihak kelurahan maupun kecamatan lebih tanggap dan segera menindak para pelaku pungli. (ton/r8)

Berita Lainnya

Zul-Rohmi Perlu Banyak Sosialisasi

Redaksi Lombok Post

Mengejar Mimpi Jadi Daerah Industri

Redaksi Lombok Post

Gerbang Kota Ikut Terseok-Seok!

Redaksi Lombok Post

Spa Abal-Abal Kembali Tersenyum

Redaksi Lombok Post

Usia 16 Tahun Terlarang Menikah

Redaksi Lombok Post

330 Tukang RISHA Minggat, Rumah Korban Gempa Baru Jadi 85 Unit

Redaksi Lombok Post

Ogah Berniaga di Jalan Niaga

Redaksi LombokPost

Tolong, Jangan Masuk Angin!

Redaksi LombokPost

Volume Monumen Tak Sesuai Kontrak, Rekanan Didenda Rp 1,2 Juta Perhari

Redaksi LombokPost