Lombok Post
NASIONAL

Jokowi Nggak Kuat Gendong Anak

siraman gibran foto media center (3)

SOLO – Prosesi siraman putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka dilakukan secara tertutup. Awak media yang meliput pun dibatasi hanya 15 media cetak dan elektronik yang bisa masuk di kediaman Jokowi. Itu pun hanya untuk mengabadikan proses pemasangan bleketepe. Sejumlah media masa lainnya, banyak yang tertahan di luar gang pintu masuk Jalan Kutai Utara RT 08/RW VII Sumber, Solo. Secara umum prosesi siraman Gibran berjalan dengan lancar dam khidmat.

Berdasar pantauan Radar Solo (Jawa Pos Group) di lokasi, sejumlah tamu yang ingin menuju ke kediaman Jokowi harus melalui metal detektor dan pindai barang-barang bawaan. Bahkan di depan gang juga diberi X-banner dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) bahwa daerah tersebut merupakan daerah terbatas dengan pemeriksaan security check. Selain sejumlah tamu dari pihak keluarga besar Jokowi, prosesi siraman Gibran juga dihadiri Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo dan Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo. Kedua petinggi Pemkot Solo tersebut didaulat untuk ikut menyirami Gibran.
Prosesi siraman dimulai dengan doa bersama sebelum menaikkan bleketepe, yang dilakukan sendiri oleh Jokowi yang menggunakan beskap lengkap plus blankon dengan menaiki tangga.Kemudian proses sungkeman oleh Gibran kepada kedua orang tuanya Jokowi dan Iriana didampingi kedua putranya Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep. Sebelum siraman dilakukan, Jokowi menerima air siraman dari pihak calon mempelai wanita yang dicampur dengan air yang telah tersedia di kediamannya. Prosesi berikutnya yaitu potong rambut dan dilanjutkan gendongan menuju tempat ganti pakaian. Terakhir dilanjutkan prosesi dulangan atau suapan serta ramah tamah.

“Alhamdulillah, semuanya (siraman) berjalan baik dan berjalan lancar. Tadi saya hanya pesan kepada anak saya waktu proses dulangan (menyuap) yang terakhir. Setelah ini (prosesi pernikahan) anak saya (Gibran) harus bisa cari makan sendiri dan harus bisa mandiri. Yang penting itu,” papar Jokowi seirai prosesi siraman, di kediamannya kemarin.

Untuk prosesi siraman yang melakukan siraman yaitu ibunda Jokowi, Sudjiatmi Noto Mihardjo, F.X. Hadi Rudyatmo, Achmad Purnomo, Setyawan Prasetyo, Widodo, dan wakil dari pihak keluarga.Prosesi siraman dimulai sekitar pukul 08.45 WIB hingga selesai sekitar pukul 09.15 WIB. Saat prosesi gendongan, Jokowi terlihat tak kuat menggendong Gibran.

“Selesai gendongan Mas Gibran sempat bilang bapak nggak kuat. Saat akad nikah besok (hari ini,RED) saya hanya mendampingi pihak keluarga Pak Jokowi,” jelas Rudy -sapaan F.X. Hadi Rudyatmo. (edy/r7)

Berita Lainnya

Lion Air JT 610 Bermasalah di Bali, Jatuh di Karawang

Redaksi LombokPost

16 Instansi Belum Umumkan Seleksi Administrasi CPNS

Redaksi Lombok Post

Jokowi Beri Sinyal Subsidi BPJS Kesehatan

Redaksi LombokPost

Tes CPNS Baru untuk Instansi Pusat

Redaksi LombokPost

Pendaftar CPNS Segera Lapor Dukcapil Kalau Data NIK Tidak Muncul Saat Daftar

Redaksi Lombok Post

Separo Kuota CPNS untuk Pendidik

Redaksi Lombok Post

Sampai Jumpa di Guangzhou 2022

Redaksi Lombok Post

Tiga Jamaah Haji NTB Meninggal di Tanah Suci

Redaksi Lombok Post

Busana Adat Warnai Peringatan HUT RI di Istana

Redaksi Lombok Post