Lombok Post
PELESIR

Cita Rasa Khas Ayam Taliwang

Ayam taliwang

MATARAM a�� Kota Mataram kaya dengan kuliner khas. Berbagai jenis makanan bisa dinikmati di kota seluas 31 km per segi ini. Selain sate rembige, makanan khas yang paling terkenal juga adalah Ayam Taliwang.

Ayam Taliwang adalah masakan yang terbuat dari ayam kampung muda pilihan. Makanan ini berasal dari kampung Karang Taliwang, Kelurahan Cakra Utara, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram. Namun seiring berjalanannya waktu, masakan khas Ayam Taliwang ini kini bisa dijumpai di luar kampung asalnya. Warung-warung atau rumah makan bahkan restoran berkelas saat ini telah banyak menyajikan makanan khas ini dan mudah kita temui di Kota Mataram.

Tidak bisa dipungkiri, Ayam Taliwang sekarang telah menjadi makanan khas nusantara yang banyak dicari para wisatawan yang berkunjung ke Nusa Tenggara Barat (NTB). Khususnya di Kota Mataram. Bahkan, masakan khas Pulau Lombok ini telah merambah kota-kota besar diseluruh Indonesia.

Rasanya yang unik dan lezat menjadikan masakan membuka peluang bisnis untuk mendirikan rumah makan di kota-kota besar tersebut. Namun tidak ada yang lebih indah dan memuaskan jika kita menikmati masakan Ayam Taliwang ini langsung di kota asalnya.

Yang membuat unik dari masakan khas Lombok yang satu ini adalah ayamnya. Ayam yang digunakan adalah ayam kampung yang masih muda, berusia sekitar 3-4 bulan dan disajikan per ekor. Sajiannya pun memiliki rasa beragam dengan proses penyajian berbeda pula.

Ada digoreng lalu dibakar, ada juga direbus lalu dibakar, serta ada yang digoreng bakar yaitu digoreng lalu dibakar secara bersamaan. Setelah itu, ayam akan dibaluri bumbu-bumbu khas ayam taliwang yang tentu saja menggoda selera.
Dalam penyajian Ayam Taliwang juga disertai dengan beberapaa masakan pelengkap yang juga menjadi masakan khas Pulau Lombok. Seperti plecing kangkung yang terkenal renyahnya, sambal beberuk yang berisikan irisan kecil kacang panjang, cabe rawit khas Lombok, terong bulat dan irisan lembut tomat.

Biasanya, sambal yang disajikan ada dua macam. Yang pertama adalah sambal plecing dan yang kedua adalah sambal beberuk. Kedua sambal inilah yang menambah selera makan, terutama dengan aroma perasan jeruk nipis yang benar-benar memanjakan lidah pencinta kuliner.

Untuk mengakses wisata kuliner dan menikmati sajian Ayam Taliwang sangatlah mudah. Warung, rumah makan ataupun restoran akan sangat mudah Anda jumpai merata di Kota Mataram. Masing-masing tempat menyajikan rasa yang berbeda dengan nuansa yang berbeda pula. Mulai dari nuansa kota hingga nuansa alami pedesaan.

Bagi Anda yang kebetulan berada di Tengah Kota Mataram, Anda tinggal menyusuri ruas-ruas jalan yang nantinya akan Anda temui rumah makan yang menyajikan masakan Ayam Taliwang. Namun bila Anda ingin menikmati lezatnya Ayam Taliwang dengan nuansa alami perdesaan, Anda bisa juga menyisir pinggiran Kota Mataram.

Pada pinggiran Kota Mataram, banyak lesehan atau rumah makan yang menyajikan Masakan ini dengan nuansa alami. Anda bisa menikmatinya sambil menikmati hijaunya hamparan persawahan, memberi makan ikan-ikan yang ada di kolam dan tentu saja sangat jauh dari bisingnya hiruk pikuk perkotaan.

Anda juga bisa mengakses informasi dari Dinas Pariwisata Kota Mataram tentang informasi terkait Makanan Ayam Taliwang ini. Mulai dari lokasi rumah makan hingga informasi tentang sejarah masakan ini. Namun bagi Anda yang berkunjung menggunakan agen travel, pihak travel dengan pasti akan memandu Anda untuk berburu kuliner yang sudah jadi khas turun temurun ini. Selamat menikmati. (ili/r8)

Berita Lainnya

Juara Lagi, NTB Raih Destinasi Wisata Halal Terfavorit 2018

Redaksi Lombok Post

Pascagempa, Malaysia Bantu Pemulihan Pariwisata NTB

Redaksi Lombok Post

Bandini Riverside Cottage, Sensasi Ketenangan Jadi Suguhan Utamanya

Redaksi Lombok Post

Nanang Samodra Melenggang ke DPR RI

Redaksi Lombok Post

Diboyong Kemenpar, JFC Sukses Pikat Hati Travel Bloger Asal Dubai

Redaksi Lombok Post

Fitri Carlina Ceritakan Pariwisata Banyuwangi Lewat Video Clip Terbarunya

Redaksi Lombok Post

Ini Dia Dukungan BRI untuk ViWI 2018 di Rakornas IV Pariwisata

Redaksi Lombok Post

Halaltraveling, Halalkan Gaya Hidupmu

Redaksi Lombok Post

NTT Expo 2017, Happy Ending Crossborder Atambua 2017

Redaksi Lombok Post