Lombok Post
Sumbawa

15 Dokter Garap Pasangan Calon

SUMBAWA – Sebanyak 15 orang dokter spesialis RSUD Kota Mataram menangani pemeriksaan kesehatan tiga bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Sumbawa yang berakhir kemarin (29/7). Tes kesehatan dilakukan setelah berkas pendaftaran diterima KPU Kabupaten Sumbawa. Pemeriksaan yang dimulai paa 28 hingga 29 Juli kemarin. Pemeriksaan lengkap tersebut berlangsung dari pukul 08.00 hingga 17.00 Wita.

“Alhamdulillah tes kesehatannya berjalan lancar dan sukses,” kata Komisioner KPU, Aryati kepada Radar Sumbawa,

kemarin Dipaparkan, tiga Paslon yang mengikuti tes kesehatan itu antara lain di hari pertama yakni pasangan Saat-Jaya yang diusung Hanura dan NasDem serta partai pendukung PPP. Selain itu ada pasangan Husni-Mo yang diusung partai PDI Perjuangan dan Demokrat serta paratai pendukung PPP. Sedangkan di hari terakhir kemarin, tes kesehatan dilakukan terhadap Paslon Jack Morsa-H. Irwan yang diusung partai Gerindra, PKS dan PBB serta partai pendukung Golkar kubu Abu Rizal Bakri.

Tes kesehatan yang dilakukan terhadap para Paslon meliputi pemeriksaan anammesa dan riwayat kesehatan, serta psikiatrik. Selain itu juga dilakukan pemeriksaan jasmani. Yakni pemeriksaan interna, jantung dan pembuluh darah, paru, bedah, urologi, ortopedi, penunjang dan laboratorium, obsetri ginekologi, syaraf, mata, gigi, telinga, hidung, tenggorokan, kulit dan kelamin.

Berikutnya pemeriksaan penunjang di antaranya ultrasonografi abdomen, elektrokadiografi dan treatmil test, ekokardiografi dan dopler karotis, foto rontgent thoraks, spirometri, audiometri (bila diperlukan), MRI/CT (bila diperlukan), USG transvaginal (bila diperlukan), mammografi/USG payudara (bila diperlukan), EEG (bila diperlukan). Selanjutnya pemeriksaan laboratorium di antaranya pemeriksaan darah dan urine (hemotologi lengkap, urinanalisis lengkap, test faal hati, test faal ginjal, profil lipid, metabolisme karbohidrat, HIV/AIDS, HBs.Ag), tumor marker (atas indikasi), narkotika, obat terlarang dan zat additive lainnya, dan papsmear (bagi bakal calon perempuan).

“Jam lima sore ini akan ada acara serah terima hasil tes kesehatan dari tim dokter kepada pihak KPU Kabupaten Sumbawa,” katanya. (aen/r9)

Berita Lainnya

Dana Bantuan Korban Gempa Cair Pekan Ini

Redaksi LombokPost

Perpustakaan Cempi Jaya Banggakan Dompu

Redaksi LombokPost

Minyak Sumbawa Sangat Layak Menasional

Redaksi LombokPost

Puluhan Lampu Terpasang, Kota Bima Semakin Terang

Redaksi LombokPost

KPU Dompu Publikasikan Daftar Caleg Sementara

Redaksi LombokPost

Pelayanan RSUD Sumbawa Mulai Dibenahi

Jalan Teladan-Kelawis dan Batu Rotok Tuntas

Berkas SMKN Lunyuk Dikirim ke Kejaksaan

Istri Jadi TKW, GT Hamili Anak Kandungnya