Lombok Post
Giri Menang Headline

17 Aset Lahan Pemkab Lobar Diduga Raib

sertifikat tanah

GIRI MENANG – Pansus Aset DPRD Lobar menemukan sedikitnya 17 lahan milik Pemkab Lobar kini tak jelas juntrungannya. Aset yang diduga raib ini baru ditemukan di dua desa saja. Diperkirakan, kasus serupa terjadi pula di desa lain.

a�?Ini harus jadi pelajaran. Jangan sampai aset kita tak terurus dan tak jelas nasibnya seperti ini,a�? kata Wakil Ketua DPRD Lombok Barat HM Nursaid.

Dia mengatakan, aset yang tak jelas juntrungannya itu berada di Desa Jagaraga dan Desa Gapuk. Itu sebabnya, dewan kata dia, mengusulkan agar seluruh aset daerah diberi tanda jelas. Plang harus ditancapkan, dan bisa dilihat langsung oleh publik.

Langkah itu kata Nursaid, dinilai cocok untuk menertibkan aset yang masih tercecer. “Kami minta aset dipasang plang, supaya tidak rawan diserobot orang,” tandas dia.

Aset-aset yang disebutkan itu merupakan temuan dewan belum lama ini. Bahkan, temuan itu sudah dipadukan dengan data dari Badan Aset Daerah (BAD) Lobar.

Guna memastikan legalitas aset itu, tambah Nursaid, pemda harus menyegerakan pemasangan plang. Karena, belajar dari pengalaman sebelumnya banyak aset Lobar yang diklaim dan dijual oknum tertentu. “Kalau sudah dipasang plang, masalah seperti itu bisa dicegah,” tegasnya.

Sementara, Ketua Pansus Aset Zulkarnaen menjelaskan, untuk menindaklanjuti temuan tersebut, komisi I DPRD Lobar berencana memanggil dan menggelar rapat bersama eksekutif.

“Agenda kita selanjutnya adalah menyelesaikan status 17 titik aset tersebut,” kata dia.

Ia menduga, aset Lobar yang belum jelas statusnya tersebar hampir di seluruh Desa. Untuk menyelesaikan persoalan tersebut, dewan dan eksekutif perlu duduk bersama membahas langkah-langkah yang harus diambil. “Pemasangan plang bisa menjadi solusi,” pungkasnya. (jlo/r12)

Berita Lainnya

Dengan Kartu Nikah Administrasi Lebih Mudah, Benarkah?

Redaksi LombokPost

DBD Bisa Jadi Ancaman Serius Pengungsi

Redaksi Lombok Post

Ahyar Tidak Puas dengan Hasil CPNS

Redaksi Lombok Post

Hanya Ngebut di Depan Jokowi, Perbaikan Rumah Korban Gempa Lamban

Redaksi Lombok Post

Nuril pun Menangis, Aksi Bela Nuril Terus Mengalir

Redaksi Lombok Post

Kematian Bayi Lotim Menurun

Redaksi LombokPost

Harga Kedelai dan Kacang Tanah Melonjak

Redaksi LombokPost

Penyeberangan di Pelabuhan Lembar Molor

Redaksi LombokPost

Tiga Desa dan Dua Sekolah Diaudit Khusus

Redaksi LombokPost