Lombok Post
Giri Menang

Fauzan: Biasakan Makan Ikan

fauzan khalid

GIRI MENANG – Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Lobar menggelar lomba masak ikan, kemarin(12/8).

Kegiatan yang juga menyambut hari kemerdekaan bertujuan memasyarakatkan makan ikan.

Plt Bupati Lobar Fauzan Khalid mengatakan, Indonesia termasuk negara asia tenggara yang rendah IQ (intelligence quotient). Hasil penelitian itu menyebutkan karena tingkat konsumsi ikan rendah.

“Memang daging tinggi protein, tapi beda sedikit dengan ikan. Cuma daging adaa�Z lemak, kalau ikan hampir tidak adaa�Z,” katanya, kemarin.

Ia menjelaskan, kegiatan ini bisa menjadi motivasi dalam kampanye gemar makan ikan. Menurut dia, untuk meningkatkan konsumsi ikan butuh kebiasaan sejak dini.

“Memakan ikan ini masalah kebiasaan. Karena itu, hal-hal yang positif kita biasakan,” pinta dia.

Fauzan berharap konsumsi ikan di Lobar mampu ditingkatkan. Untuk itu, dia meminta DKP menjalin kerja sama dengan pihak terkait, misalkan dunia pendidikan. Tujuannya, supaya guru-guru mendorong siswa makan ikan.

“Momentum hari kemerdekan ini bisa menjadi awal menggemarkan makan ikan bagi warga Lobar,” harapnya.

Kepala DKP Lobar Ahmad Subandi mengatakan, belakangan ini harga daging melonjak. Khusus di Lobar, harga daging mencapai Rp 120 ribu.

“Untuk itu, saatnya warga kita hijrah dari daging ke ikan,” katanya.

Menurut dia, dengan diadakan lomba masak berbahan ikan bisa membangkitkan kebiasaan warga mengkonsumsi ikan. Ia menjelaskan, ikan tidak pernah menderita penyakit antraks maupun flu, seperti sapi, kambing, serta ayam.

Lebih lanjut, Subandi menjelaskan, semua kecamatan terlibat dalam lomba memasak berbahan ikan ini. Bahkan, juara telah ditentukan tim juri. Nantinya, sambung dia, yang juara pertama akan ikut lomba di tingkat provinsi.

“Kami di Lobar baru kali ini gelar lomba masak ikan. Dulu tim yang akan berlaga di tingkat provinsi hanya ditunjuk dari Dharma Wanita saja,” ujarnya.

Kegiatan bertajuk ikan sumber gizi utama pada 1.000 hari pertama kehidupan memiliki sasaran untuk meningkatkan keterampilan peserta lomba, memperkenalkan masakan ikan, menyebarkan aneka menu masakan berbahan dasar ikan, dan meningkatkan konsumsi ikan.

“Konsumsi ikan kita di Lobar masih jauh dari harapan. Tingkat konsumsi kita 32,2 kilo per kapita per tahun,” katanya.

Sementara, Ketua Forikan Lobar, Hj Baiq Alwani Uzair menambahkan, kegiatan ini untuk menggalakkan dan memasyarakatkan makan ikan. Menurutnya, makan ikan penting untuk pertumbuhan dan kecerdasan manusia, karena mengandung banyak gizi.

“Tingkat konsumsi ikan kita masih rendah, untuk mendorong itu perlu libatkan PPK dan desa dalam memasyarakatkan makan ikan atau gemar ikan,” tambahnya.

Dalam lomba memasak yang diikuti seluruh kecamatan di Lobar, tim dari Labuapi keluar sebagai pemenang. Mereka akan mewakili Lobar dalam ajang lomba masak di tingkat provinsi. (jlo/r12)

Berita Lainnya

Dengan Kartu Nikah Administrasi Lebih Mudah, Benarkah?

Redaksi LombokPost

Harga Kedelai dan Kacang Tanah Melonjak

Redaksi LombokPost

Penyeberangan di Pelabuhan Lembar Molor

Redaksi LombokPost

Tiga Desa dan Dua Sekolah Diaudit Khusus

Redaksi LombokPost

PJU di PLTU Jeranjang Segera Dibangun

Redaksi LombokPost

Pemancing Diduga Hanyut di Perairan Labuan Poh

Redaksi LombokPost

Sinyal Mutasi Makin Menguat

Redaksi LombokPost

Sekolah Terdampak Gempa Belum Diperhatikan

Redaksi LombokPost

Korban Gempa Butuh Lebih Banyak Huntara

Redaksi LombokPost