Lombok Post
Sportivo

Menanti Bukti Dominasi

Michael Carrick
Michael Carrick

BIRMINGHAM – Satu gol didapatkan dari satu gol bunuh diri di balik kemenangan awal Manchester United. Itulah caps pertama dari perbaikan skuad ala Louis Van Gaal yang bernilai GBP 82,71 juta atau sekitar Rp 1,77 triliun pada awal Premier League 2015-2016.

Makanya, Van Gaal berada dalam tekanan untuk memberi bukti racikan komposisinya sudah siap untuk meretas jalan juara Premier League musim ini. Salah satunya dengan cara meneruskan tren tiga angkanya di kandang Aston Villa, di Villa Park, Birmingham, dini hari nanti. (Live: Indosiar pukul 01.45 WIB)

Dengan kondisi Villa Park yang bersahabat dengan United, langkah United mewarnai awal musim dengan kemenangan tetap terjaga. “Khususnya pada pertandingan tandang, ini adalah kunci pertama sukses kami musim ini. Musim masih panjang, kami hanya butuh awal yang bagus,” ujar Van Gaal, dikutip dari Mirror.

Musim lalu, dari 19 kali pertandingan tandangnya di Premier League, hanya enam kali kemenangan dibukukan Setan Merah. Di Villa Park pun, United gagal membawa tiga angka. Hanya satu poin didapatkan United musim lalu. Kegagalan di Villa Park itulah yang berakumulasi dengan kegagalan United menembus top three Premier League.

Kinerja skema pohon natal 4-2-3-1 Van Gaal akan kembali diuji. Khususnya dalam hal membangun serangan. Pada laga pertama lalu, terlihat jelas bagaimana serangan United tidak banyak yang menusuk ke pertahanan lawan. Dari penguasaan bola pun dominasi Wayne Rooney dkk belum terlihat.

Di Villa Park, United tampil dengan skuad yang tidak berbeda. Di bawah mistar tetap tidak dapat menampilkan penjaga gawang David De Gea. Mereka pun juga belum bisa diperkuat Phil Jones yang masih harus absen hingga tiga pekan ke depan. Peningkatan efektivitas serangan United harus digenjot lagi.

Whoscored mencatat, efektivitas serangan United hanya berkisar 11,11 persen. Dari 9 kali tembakan, hanya satu yang mengarah ke gawang. “Ini masih proses dari tim yang baru. Sehingga, kami rasa yang kami lakukan hanyalah mempertahankan periode ini untuk mendapat hasil positif,” lanjutnya.

Senada dengan Van Gaal, gelandang United Michael Carrick pun menegaskan momen di Villa Park ini bisa menjadi modal membalikkan statistik sejak musim 2011-2012. Fakta, sejak musim 2011-2012 itu, United tidak pernah memenangi dua laga pertama Premier League.

Dalam situs resmi klub, Carrick mengatakan dirinya belajar dari pengalaman musim lalu. Musim lalu, hanya dua angka didapat dari tiga laga pertama. “Makanya, penting bagi kami untuk memenangi laga Jumat malam nanti. Bukan kualitas lawan yang menentukan, tetapi performa kami sendiri,” sebutnya.

Memang, kalau melihat dari catatan pertemuan kedua tim sejauh ini, United jauh lebih diunggulkan dalam menuai tiga angka. Dari 185 kali pertemuannya, United memenangi 96 pertandingan di antaranya. Sedangkan, Villa hanya mampu mengejutkan United tidak lebih dari setengahnya.

Sinyal tuan rumah bisa menghadirkan kejutan pada laga kali ini sudah bisa terlihat sejak dari laga pembuka Premier League lalu. Tim asuhan Tim Sherwood ini mencuri tiga poin di kandang klub promosi Premier League, AFC Bournemouth dengan menang tipis 1-0. Sekalipun hanya menang tipis, kemenangan itu bisa mengangkat moril Micah Richards dkk.

Kepada situs resmi klub, Richards mengakui United dengan pemain-pemain bernama besarnya. “Tetapi ingat, musim ini kami direkrut dengan bagus. Kami tim yang tetap lapar, dan pemain bertalenta dari ruang ganti kami sudap memberi apapun untuk mendapat hasil terbaik,” ancam Richards.

Pekerjaan rumah terakhir Sherwood sebelum laga kedua nanti adalah mengembalikan kondisi kebugaran Rudy Gestede. Dia adalah pemain penentu kemenangan pertama di awal musim Villa. Daily Mail memberitakan, bomber berusia 26 tahun tersebut belum tentu dimainkan.

“Apabila dia bisa kami mainkan, maka ini akan menjadi sinyal bahaya bagi pemain belakang United. Saya yakin pemain seperti (Daley) Blind pun tidak akan dengan mudah untuk menghentikannya. Apalagi jika Marcos Rojo fit, maka ini akan jadi pertarungan yang hebat,” sebutnya.

Walaupun pernah mengalahkan United di musim 2009, di Villa Park sudah hampir 16 tahun belum pernah ada kabar gembira diukir Villa. Makanya, Sherwood pun menilai ini saatnya bagi Villa untuk memberikan kemenangan yang tidak lazim bagi fans beratnya. “Bukan hanya melawan United, melawan tim manapun kami sudah menyiapkan kejutan,” tegasnya. (ren/r10)

Berita Lainnya

Selangkah Lagi Timnas U-19 Ke Piala Dunia

Redaksi Lombok Post

Huswatun Cetak Sejarah, Petinju Putri Pertama RI Raih Medali Asian Games

Redaksi Lombok Post

Zohri : Saya Nggak Percaya Bisa Juara

Prancis Fantastis! Juara Dunia setelah Tumbangkan Kroasia 4-2

Banjir Hadiah Menanti Zohri

Zohri, Sprinter Pertama Indonesia yang Menjadi Juara Dunia

AS Roma Butuh Keajaiban Kedua

Redaksi LombokPost

Chilena Ronaldo Seindah Puisi

Redaksi Lombok Post

NTB Layak Jadi Tuan Rumah PON 2024

Redaksi Lombok Post