Lombok Post
Tanjung

TPA Jugil Belum di Tangan Pemkab

TUMPUKAN: Kepastian lahan TPA Jugil saat ini sangat dibutuhkan untuk mengatasi persoalan sampah di Lombok Utara.

TANJUNG – Kepastian lahan TPA di Dusun Jugil, Desa Sambik Bangkol, Kecamatan Gangga, hingga saat ini masih ditunggu-tunggu. Aset tersebut masih menunggu penyerahan ke pemkab kembali, setelah menjadi obyek sengketa dan di bawah pengawasan pengadilan.

Kepala Kantor Kebersihan dan Pertamanan Lombok Utara Purwa mengatakan, hingga kini penyerahan kembali aset itu belum dilakukan. Tapi, diharapkan, setelah sengketa putus di Mahkamah Agung, aset itu bisa diserahkan kembali ke daerah sebelum 2016.

Purwa mengatakan, pihaknya berkepentingan dengan status lahan yang sudah clear sebelum 2016. Pasalnya, lahan sewa untuk TPA akan berakhir Desember 2016. Lagipula, lokasi TPA yang disewa tidak bisa kita perpanjang karena letaknya berdekatan dengan perkampungan, sehingga memang tak representatif.

Dia mengatakan, kebutuhan lahan TPA bagi pihaknya sangat menentukan dalam proses alokasi anggaran yang akan diterima Kantor Kebersihan dan Pertamanan pada 2016 mendatang.

Pemprov NTB pun sudah menyarankan untuk segera mengajukan proposal dukungan anggaran untuk penanganan sampah. Hanya saja, persetujuan anggaran pada proposal tersebut harus diikuti kepastian lahan sebagai syarat.

a�?Dana sudah menunggu dari APBD (Provinsi) dan APBN asalkan syarat lahannya ada,a�? kata dia. Dari kedua sumber anggaran itu, KLU rencananya kaan mendapat Rp 17 miliar dengan catatan syarat lahan sudah jelas.

Purwa menjelaskan, dana tersebut teralokasi sebagian besar untuk memenuhi sarana transportasi dan perangkat recycle pada lokasi TPA.

Di lokasi lahan TPA, setidaknya dibutuhkan alat berat untuk melakukan pembongkaran sampah, memilah dan memilih jenis sampah organik dan anorganik, untuk kemudian diolah kembali menjadi pupuk kompos. (puj/r12)

Berita Lainnya

50 Orang Dilatih Jadi Aplikator Risha

Redaksi LombokPost

Rekruitmen P3K Diharapkan Bisa Mulai Tahun Depan

Redaksi LombokPost

Kantor Sementara DPRD Mulai Dibangun

Redaksi LombokPost

Warga Dusun Boyotan Terancam Tak Dapat Rp 50 Juta

Redaksi LombokPost

Baru 40 Sekolah Rusak Berat Dirobohkan

Redaksi LombokPost

Sekda Izinkan Huntara BUMN yang Tak Ditempati Dibongkar, Asal…

Redaksi LombokPost

Empat Puskesmas Darurat Mulai Beroperasi

Redaksi LombokPost

7.000 Petisi Penolakan Juknis Bantuan Gempa

Redaksi LombokPost

Pelebaran Jalan Ganggu Distribusi Air

Redaksi LombokPost