Lombok Post
Headline NASIONAL

Visa Haji Tinggal 192 Lembar

Visa haji
ilustrasi visa/sumutpos.co

JAKARTA – Prediksi pengurusan visa haji akan tuntas dalam 2-3 hari tidak meleset. Update pengurusan visa haji hingga tadi malam menyebutkan, visa yang belum terbit tinggal 192 lembar.Informasi terkini penuntasan visa itu disampaikan Kasubdit Dokumen dan Perlengkapan Haji Ditjen PHU Kemenag Sofwan.

“Data sampai pukul 21.00 visa yang belum terbit masih untuk 192 orang,” katanya.

Data berikutnya akan dia update siang hari ini. Kemenag menargetkan urusan visa selesai pekan ini juga.

Sofwan mengapresiasi upaya penerbitan visa haji oleh pemerintah Saudi. Dia mengatakan catatan pada Rabu (26/8) jumlah visa haji yang belum keluar masih ada 1.111 visa. Namun setelah dikebut, sepanjang hari kemarin sudah keluar sekitar 900 visa haji.

Catatan visa haji yang tinggal 192 lembar itu terkait dengan beberapa faktor. Diantaranya muncul perbedaan data identitas jamaah, paspor terlipat dan kotor, hingga kejadian upload dokumen tidak terbaca mesin e-reader sistem e-Hajj.

“Kita terus berkomunikasi dengan Kedutaan Saudi, supaya kendala-kendala itu bisa ditangani,” ujarnya.

Ia lantas merinci provinsi yang visa hajinya sudah tuntas 100 persen. Yakni Jambi, Bengkulu, Papua, NTT, Kalsel, Kaltim, Bali, Sulawesi Barat, Maluku Utara, dan Sulawesu Tengah. Ia mengingatkan jamaah calon haji (JCH) yang terpisah dari kloter akibat tertunda visa, akan diberangkatkan bergabung dengan kloter berikutnya.

Sofwan juga memonitor perkembangan pengurusan visa haji untuk jamaah haji khusus. Dari kuota jamaah haji khusus sejumlah 13.200 orang, visa haji yang sudah terbit ada 3.662 lembar. Jamaah haji khusus masih agak lama berangkatnya, yaitu mendekati wukuf di Padang Arafah yang rencananya digelar 22 September nanti. (wan/r7)

Berita Lainnya

Kematian Bayi Lotim Menurun

Redaksi LombokPost

Penyeberangan di Pelabuhan Lembar Molor

Redaksi LombokPost

Polres Loteng Siap Bersinergi Dengan Media

Redaksi LombokPost

PDIP Panaskan Mesin Partai

Redaksi LombokPost

Bangun Tidur, Begal Dicokok Polisi

Redaksi LombokPost

Pak Jokowi, Bebaskan Baiq Nuril!

Redaksi Lombok Post

Penangan Pascagempa Lamban

Redaksi LombokPost

SMPN 3 Jonggat Terapkan Pembelajaran Berbasis Siswa

Redaksi LombokPost

Pemkab Loteng Siapkan Nikah Massal Gratis

Redaksi LombokPost