Lombok Post
Sumbawa

TNI Cegat 14 Truk Gabah

DITAHAN : Tampak truk pengangkut gabah yang diamankan oleh TNI

SUMBAWA – Sebanyak 14 truk pengangkut gabah, diamankan oleh aparat TNI, Minggu (6/9) malam lalu. Truk tersebut, diamankan saat melintas di Kecamatan Alas. Gabah ini semula hendak dijual ke luar Sumbawa.

Dandim 1607 Sumbawa, Letkol Inf Agus Supriyanto yang ditemui kemarin mengatakan, pihaknya melakukan sweeping untuk menunjang program swasembada pangan. Hal ini juga merupakan hasil rapat koordinasi dengan pihak pengusaha, Bulog dan Dinas Pertanian belum lama ini. Dari sweeping tersebut, ada 14 kendaraan yang terjaring. Semuanya berasal dari Sumbawa dan akan dijual kepada rekanan ke luar Sumbawa.

Menurutnya, target pemerintah dalam program swasembada pangan ini di NTB sebanyak 100 ribu ton. Sementara di Sumbawa, targetnya sebanyak 25 ribu ton. Saat ini, serapan gabah/beras di kabupaten Sumbawa baru sekitar 15 persen atau sekitar 4.500 ton.

Setelah dilakukan sweeping, ternyata diketahui bahwa hasil bumi yang ada di Sumbawa, khususnya beras dijual ke luar wilayah Sumbawa. Dalam hal ini, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak Bulog. ”Kepada mereka supaya memenuhi dulu target yang ada di Sumbawa. Setelah itu silakan kalau mau dikeluarkan. Kalau di sini belum terpenuhi, saya akan adakan sweeping,” ujar Dandim kepada wartawan.

Dandim mengungkapkan, 14 truk ini kemudian dipertemukan dengan Bulog. Kemudian dilakukan kesepakatan dan akhirnya gabah itu diserap oleh Bulog. Namun, ada tiga truk yang tidak diserap oleh pihak Bulog dan kembali lagi kepada pemiliknya. Tapi, gabah ini tidak boleh ke luar Sumbawa. Jika ingin dijual ke luar Sumbawa, target di Sumbawa harus dipenuhi terlebih dahulu.

Diduga, yang membuat ketertarikan pengusaha menjual gabah ke luar Sumbawa adalah harganya. Sebab, harga gabah di luar Sumbawa jauh lebih tinggi, bahkan ada yang mencapai Rp 9.700 perkilogram. Sementara harga standar Bulog di NTB sebesar Rp 8.600 perkilogram. (run/r8)

Berita Lainnya

Dana Bantuan Korban Gempa Cair Pekan Ini

Redaksi LombokPost

Perpustakaan Cempi Jaya Banggakan Dompu

Redaksi LombokPost

Minyak Sumbawa Sangat Layak Menasional

Redaksi LombokPost

Puluhan Lampu Terpasang, Kota Bima Semakin Terang

Redaksi LombokPost

KPU Dompu Publikasikan Daftar Caleg Sementara

Redaksi LombokPost

Pelayanan RSUD Sumbawa Mulai Dibenahi

Jalan Teladan-Kelawis dan Batu Rotok Tuntas

Berkas SMKN Lunyuk Dikirim ke Kejaksaan

Istri Jadi TKW, GT Hamili Anak Kandungnya