Lombok Post
Headline Tokoh

Jalin Kemitraan dengan Malaysia

TUKAR BUDAYA: Mahasiswa Universitas Teknologi Mara, Malaysia pose bersama mahasiswa FEB Unram saat berkunjung belum lama ini.

MATARAMA�– Untuk meningkatkan kualitas dan membuka cakrawala mahasiswa, Universitas Mataram menjalin kemitraan dengan berbagai perguruan tinggi di luar negeri. Salah satunya dengan perguruan tinggi di Malaysia.

Beberapa waktu lalu, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unram kedatangan mahasiswa salah satu perguruan tinggi dari Malaysia yakni Universitas Teknologi Mara. Kedatangan mereka dalam rangka study tour di bidang pariwisata dan kebudayaan.

“Ini sebagai salah satu upaya kami membuka wawasan mahasiswa Unram agar bisa bertukar pikiran dengan mahasiswa Malaysia,” kata Wakil Dekan III FEB Unram Syarifudin.

Kunjungan mahasiswa Malaysia ini diharapkan juga menjadi ajang tukar budaya. Karena, selain mempelajari budaya Indonesia khususnya Lombok, mahasiswa Malaysia juga mempertunjukkan budaya mereka. Mulai dari pakaian adat, seni tari dan yang lainnya.

Sementara mahasiswa FEB Unram menampilkan tari Gandrung yang menjadi ciri khas budaya Lombok. Ada juga rangkaian kegiatan kuliah bersama yang digelar selama sehari. Materi kuliah yang diberikan tentang pengembangan pariwisata berkelanjutan.

Ini menjadi salah satu tujuan utama kedatangan para mahasiswa dan dosen dari Malaysia ini. Lombok dinilai sukses mengembangkan pariwisatanya hingga mendunia. Baik pariwisata alam maupun wisata syariah yang membuatnya meraih predikat wisata halal terbaik di dunia. Sehingga tak salah mereka memilih Universitas Mataram yang ada di Lombok sebagai tujuan study tour.

“Karakeristik masyarakat Malaysia tidak jauh berbeda dengan masyarakat yang ada di Lombok. Makanya, Unram dipilih sebagai mitra pertukaran budaya dalam upaya pengembangan pariwisata,” lanjut Syarifudin.

Dalam beberapa rangkaian kegiatan, mahasiswa FEB Unram tampil bersama dengan mahasiswa Malaysia. Mereka juga mencoba mengolaburasikan budaya. Rencananya, setelah kedatangan mahasiswa Malaysia ke Unram, ke depan giliran mahasiswa Unram yang akan menuju Malaysia.

“Melalui kesempatan ini kami ingin mahasiswa Unram bisa go internasional,” kata Syarifudin. Program seperti ini diyakini akan sangat berpengaruh bagi kemajuan pariwisata yang ada di NTB. (ton/r1)

Berita Lainnya

DBD Bisa Jadi Ancaman Serius Pengungsi

Redaksi Lombok Post

Ahyar Tidak Puas dengan Hasil CPNS

Redaksi Lombok Post

Hanya Ngebut di Depan Jokowi, Perbaikan Rumah Korban Gempa Jalan di Tempat

Redaksi Lombok Post

Nuril pun Menangis, Aksi Bela Nuril Terus Mengalir

Redaksi Lombok Post

Kematian Bayi Lotim Menurun

Redaksi LombokPost

Penyeberangan di Pelabuhan Lembar Molor

Redaksi LombokPost

Polres Loteng Siap Bersinergi Dengan Media

Redaksi LombokPost

PDIP Panaskan Mesin Partai

Redaksi LombokPost

Bangun Tidur, Begal Dicokok Polisi

Redaksi LombokPost