Lombok Post
Headline Politika

Bawaslu Gelar Cerdas Cermat Kepemiluan

Cerdas Cermat: Suasana cerdas cermat tentang pengawasan dan kepemiluan yang diselenggarakan Bawaslu NTB di KSB, kemarin (24/5).

MATARAM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) NTB menggelar cerdas cermat terkait kepemiluan dan pengawasan. Cerdas cermat itu melibatkan 60 sekolah tingkat SMA se-NTB.

Divisi pengawasan Bawaslu NTB Bambang Karyono mengatakan, cerdas cermat itu merupakan yang pertama kali dilakukan di Indonesia. Cerdas cermat pertama diselenggarakan di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dengan melibatkan enam sekolah.

Sejumlah materi yang digunakan dalam cerdas cermat itu terkait pengetahuan tentang kepemiluan, undang-undang, dan politik kedaerahan seputar pilkada. “KSB yang mengawali cerdas cermat tersebut. Pemenangnya dari SMA 1 Taliwang,” kata Bambang yang dihubungi Lombok Post, kemarin (24/5).

Dikatakan, kegiatan tersebut sebagai upaya sosialisasi pengawasan partisipatif yang menyasar siswa sekolah. Terutama mereka yang merupakan pemilih pemula dan duduk di bangku kelas XII. Cerdas cermat itu nantinya akan berlangsung di Mataram setelah seluruh daerah tuntas.

Bambang menegaskan, seluruh pemenang dari masing-masing kabupaten/kota akan kembali bertanding tingkat provinsi. Diharapkan dengan kegiatan ini masyarakat lebih mengenal Bawaslu. “Sasarannya itu pemilih pemula sehingga kedepannya lebih mengetahui program pengawasan Bawaslu,” paparnya.

Komisioner Bawaslu NTB H Syamsuddin mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari gerakan Go To School yang diselenggarakan beberapa waktu laku. Cerdas cermat itu merupakan bentuk evaluasi gerakan itu.

Peserta cerdas cermat itu diikuti masing-masing enam sekolah disejumlah kabupaten/kota. Hanya di Lombok Tengah yang diikuti sembilan sekolah dan di Dompu hanya empat sekolah. “Ini sebagai pilot project Bawaslu, jika sukses, nantinya akan dilaksanakan secara nasional,” paparnya.

Untuk wilayah Sumbawa akan berlangsung dari 24 Mei 2016 hingga 1 Juni 2016. Adapun di Pulau Lombok akan berlangsung setelah Idul Fitri. Tidak hanya itu, Bawaslu juga menyiapkan program lainnya baik karya tulis ilmiah dan perlombaan lain terkait kepemiluan dan pengawasan. (tan/r9)

Berita Lainnya

Korban Gempa Tagih Janji Jokowi

Redaksi LombokPost

Bantuan Air Bersih Dihentikan

Redaksi LombokPost

Pembangunan Rumah Korban Gempa Lamban

Redaksi LombokPost

Pilkades Serentak Harus Dievaluasi

Redaksi LombokPost

4564 Honorer Lotim Akan Dievaluasi

Redaksi LombokPost

Akhirnya Darmaga Labuhan Haji Dikeruk Juga!

Redaksi LombokPost

7.000 Petisi Penolakan Juknis Bantuan Gempa

Redaksi LombokPost

Pendaftaran Calon Angota KPU Diperpanjang

Redaksi LombokPost

Target Diprediksi Meleset!

Redaksi LombokPost