Lombok Post
Metropolis

Pemkot Pertahankan Program BL

H Mohan Roliskana
H Mohan Roliskana

MATARAM – Pemkot Mataram masih mempertahankan program Bina Lingkungan (BL). Meski kerap menimbulkan polemic, program ini dianggap masih dibutuhkan masyarakat.

Wakil Wali Kota Mataran H Mohan Roliskana menegaskan, BL diadakan untuk membantu para siswa yang tinggal di sekitar sekolah itu.

Sehingga tidak perlu dihapus. Kalau pun ada kekurangan, perlu evaluasi. Sehingga penyimpangan-penyimpangan bisa dikurangi.

BL menurutnyaA� bertujuan agar terjadi pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan. Siswa kurang mampu di sekitar sekolah harus bisa mengakses pendidikan. Apalagi mereka berprestasi. Tentu akan sangat bagus efeknya ke depan.

“Dengan BL anak-anak mendapatkan haknya sekolah di negeri,” ujar Mohan.

Mohan berharap dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini ada perbaikan. Sehingga prosesnya semua serba online. Jurnya juga banyak. Mulai dari tes bina prestasi, tes online dan jalur BL. Dengan cara itu ke depan kualitas pendidikan diharapkan semakin membaik.

PPDB jalur bina prestasi ini dilakukan beberapa sekolah. Dari tanggal 26-27 Mei. Syaratnya para siswa memiliki nilai rapor minimal 80 untuk mata pelajaran Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA. Sementara PPDB online serentak akan dilakukan 27-29 Juni.

Kepada pengelola sekolah swasta, Mohan berharap mereka bisa melakukan inovasi, berkreasi untuk menyakinkan orang tua mau menyekolahkan anaknya.

Apalagi dunia pendidikan semakin kompetitif. Sekolah swasta harus bekerja keras. Terbukti, beberapa sekolah swasta di Mataram semakin maju. Malah siswa yang mendaftar membludak.

“Jangan sampai BL dianggap sebagai penghambat,” ujarnya.

“Kalau swasta terus meningkatkan kualitas, saya pikir tidak sulit menarik orang tua mau menyekolahkan anaknya,” tambah Mohan.

Tapi Pemkot Mataram belum berani menjanjikan bantuan pada sekolah swasta. Sebab beban untuk mendukung sekolah negeri juga cukup besar.

Tidak cukup dengan yang ada saat ini. Artinya, pemerintah masih fokus menambah sarana prasarana pendidikan sekah negeri. (ili/r4)

Berita Lainnya

2.368 Formasi CPNS Bakal Lowong

Redaksi Lombok Post

EMAS HITAM DARI NTB

Redaksi Lombok Post

Liburan ke Pantai Penghulu Agung Ampenan Juga Asyik Loo..!!

Redaksi LombokPost

Hasil Produksi Langsung Dibeli Pengusaha

Redaksi LombokPost

DBD Bisa Jadi Ancaman Serius Pengungsi

Redaksi Lombok Post

Ahyar Tidak Puas dengan Hasil CPNS

Redaksi Lombok Post

PLN Luncurkan Layanan Satu Pintu

Redaksi Lombok Post

Hanya Ngebut di Depan Jokowi, Perbaikan Rumah Korban Gempa Lamban

Redaksi Lombok Post

Nuril pun Menangis, Aksi Bela Nuril Terus Mengalir

Redaksi Lombok Post