Lombok Post
Headline Metropolis

Empat Angkutan Lebaran Dikandangkan

LAIK JALAN: Kepala Dishubkominfo Kota Mataram, H Khalid memasang stiker tanda laik jalan di salah satu angkutan yang ada di Terminal Mandalika.

MATARAM – Dishubkominfo Kota Mataram kemarin mulai mengecek angkutan lebaran yang ada di Terminal Mandalika. Hasilnya empat angkutan yang dinyatakan tidak laik jalan dikandangkan.

Penyebabnya, trayek izin tidak sesuai penggunaan serta kondisi fisik kendaraan tidak memungkinkan untuk operasional. “Empat kendaraan kita tidak izinkan beroperasi karena tidak laik jalan.

Ada beberapa instrumen yang tidak lengkap. Kita minta lengkapi dan perbaiki dulu,” kata Mahfudin Nur, Kabid Pengendalian dan Operasional Dishubkominfo Kota Mataram.

Jika tahun sebelumnya pengecekan hanya terkesan seremonial, tahun ini pengecekan dilakukan lebih ketat. Bahkan pengecekan ini melibatkan pihak dari aparat TNI-Polri, serta Balai LLAJ SDP Denpasar. Mereka semua turun mengecek kendaraan secara detail. Mulai dari kondisi ban, rem, klakson, hingga kondisi fisik lainnya.

Surat-surat kendaraan seperti uji KIR serta surat izin trayek juga tak lepas dari pemeriksaan. “Ini sudah arahan langsung dari Kementerian Perhubungan.

Semua kendaraan di seluruh Indonesia harus dicek sebelum mengangkut penumpang yang mudik lebaran,” kata Boy Nurdin, Kepala Balai LLAJ SDP Denpasar yang membidangi wilayah operasional Lampung, Banten, Bali, NTB hingga Kupang.

Kepala Dishubkominfo Kota Mataram H Khalid menjelaskan ada 218 kendaraan angkutan lebaran yang telah disiapkan. Dengan rincian 118 Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) dan 100 unit Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP). Semua kendaraan ini akan dicek sejak kemarin hingga 24 Juni mendatang.

“Kami cek lebih awal agar nanti ketika ada kendaraan yang tidak laik jalan, pemilik atau pengurus angkutan bisa melakukan pembenahan atau perbaikan,” jelasnya.

Dalam pengecekan kemarin, beberapa kendaraan yang hendak berangkat juga ditemukan dalam kondisi kurang baik. Misalnya seperti ban yang sudah mulai gundul. Akibatnya, petugas meminta pengurus angkutan untuk mengganti ban kendaraan di tempat sebelum jalan.

Sedangkan untuk kendaraan yang sudah lengkap, pihak Dishubkominfo langsung menempelkan stiker kelayakan angkutan lebaran. “Sebelum H-7 lebaran, kita ingin 214 kendaraan angkutan ini sudah laik jalan,” jelas Khalid.

Meski saat ini waktu jelang lebaran masih sekitar dua minggu lagi, jumlah penumpang dijelaskan Kepala Terminal Mandalika Saiful Jihad mulai mengalami peningkatan sejak beberapa hari terakhir. Untuk itu agar menjamin keselamatan penumpang, pengecekan kelaikan jalan akan terus dilakukan.

Ketika H-7 lebaran nanti, Dishubkominfo juga akan bekerjasama dengan BNN Kota Mataram dan Dinas Kesehatan. Untuk mengecek kondisi pengemudi.

“Apakah nantinya ada pengemudi yang menggunakan narkoba atau miras. Termasuk bagaimana kondisi kesehatannya. Karena kondisi kesehatan pengemudi juga sangat penting untuk dicek sesuai imbaun kementrian,” pungkas Khalid. (ton/r6)

Berita Lainnya

Belum Satu pun Rumah Tahan Gempa yang Terbangun

Redaksi LombokPost

BPBD Tunggu Perintah Perkim

Redaksi LombokPost

Jembatan Sungai Jangkuk Sudah Lama Ambles, tapi Dicuekin!

Redaksi LombokPost

Anak Muda sampai Pengusaha Berebut Buat Karikatur

Redaksi LombokPost

Kartu Nikah Sebatas Wacana

Redaksi LombokPost

169 Formasi Gagal Terisi

Redaksi LombokPost

Dewan Pertanyakan Penyedia Panel RISHA

Redaksi LombokPost

Sepakat, UMK Mataram Rp 2.013.000

Redaksi LombokPost

Pemkab Loteng Bangun Pendeteksi Tsunami

Redaksi LombokPost