Lombok Post
KESEHATAN

Waspada! Ini Tanda Diabetes

JPG
JPG

DIABETES merupakan gangguan metabolisme dari distribusi gula oleh tubuh. Penderita penyakit ini tidak bisa memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup sehingga tubuh mengalami kelebihan gula yang akan menjadi racun bagi tubuh kita.

Diabetes bukan penyakit orang tua. Siapa saja bisa terserang penyakit yang berbahaya ini. Gejala penyakit ini bisa diketahui dengan mudah karena bisa kita rasakan dan mudah untuk dilihat orang lain atau dokter.

Berikut ini tanda dari diabetes yang perlu Anda ketahui.

1. Anda melihat perubahan kulit yang tidak menyenangkan

Perubahan kulit menjadi berwarna gelap, patch beludru di lipatan kulit, biasanya di bagian belakang leher, siku, atau buku-buku jari, seringkali merupakan tanda peringatan awal dari kadar gula darah yang terlalu tinggi dan gejala diabetes.

Meskipun genetika atau kondisi hormonal bisa menyebabkan gangguan kulit yang disebut acanthosis nigricans.

” Ketika saya melihat patch, hal pertama yang saya lakukan adalah melakukan tes gula darah pada pasien saya,” kata dermatolog, Dr. Sanjiv Saini, MD, seperti dilansir laman Prevention, kemarin.

Kadar insulin tinggi mendorong pertumbuhan sel-sel kulit dan melanin, pigmen dalam sel-sel ini dan membuat bercak-bercak hitam. Tes bisa menunjukkan bahwa pasien sudah memiliki diabetes dan lebih mungkin, itu akan mendeteksi kadar gula darah lebih tinggi dari normal.

2. Penglihatan Anda meningkat entah dari mana

” Anda akan sering membaca bahwa pandangan kabur adalah sebagai gejala diabetes, padahal pada kenyataannya, visi bisa berubah lebih baik atau lebih buruk,” kata Howard Baum, MD, asisten profesor kedokteran di divisi diabetes di Vanderbilt University.A� Diabetes menyebabkan kadar cairan dalam tubuh bergeser, termasuk di dalam mata Anda, yang mengarah ke penglihatan tidak menentu.

3. Anda memiliki gatal tak henti-hentinya

Diabetes mengganggu sirkulasi darah yang bisa menyebabkan kekeringan dan gatal.

4. Pendengaran Anda terganggu

Jika Anda menemukan diri Anda membesarkan volume di TV atau Anda tidak bisa melalui percakapan tanpa meminta orang untuk mengulangi diri mereka sendiri, beritahu dokter Anda. Anda perlu tes gula darah.

Satu studi oleh National Institute of Health menyarankan gangguan pendengaran bisa menjadi tanda diabetes gejala awal. Para peneliti percaya bahwa diabetes merusak pembuluh darah dan saraf telinga bagian dalam, yang menyebabkan pendengaran terganggu.

5. Anda mendengkur seperti gergaji

Sekitar setengah dari penderita diabetes tipe 2 memiliki gangguan napas saat tidur.(fny/JPG/r10)

Berita Lainnya

Diare, Pembunuh Balita Nomor Satu di Indonesia

Redaksi Lombok Post

Bahaya Jika Malas Ganti Pakaian Dalam

Redaksi Lombok Post

Hindari Makanan Ini Kalau Datang Bulan

Redaksi Lombok Post

Bahaya Selfie untuk Kesehatan

Redaksi Lombok Post

4 Makanan Berikut Bisa Merusak Kulit Anda

Redaksi Lombok Post

Begini Cara Atasi Perasaan Sensitif

Redaksi Lombok Post

Manfaat Olahraga Bisa Turunkan Risiko 13 Kanker

Redaksi Lombok Post

Bermanfaatnya Minyak Zaitun

Redaksi Lombok Post

Jangan Ragu Kenalkan Makanan Baru Pada Si Kecil

Redaksi Lombok Post