Lombok Post
Politika

Pelabuhan Gili Mas Sangat Penting

DPRD NTB
SUPAYA LANCAR: Wakil Ketua DPR NTB H Abdul Hadi (peci hitam) saat memeriksa kelaikan kapal untuk mudik Lebaran di Pelabuhan Lembar, kemarin (1/7

MATARAM – Wakil Ketua DPRD NTB H Abdul Hadi mengatakan Bumi Gora membutuhkan pelabuhan baru untuk menampung kapal besar di Lembar, Lombok Barat. Pembangunan dermaga itu menurut dia sudah diusulkan sejak 2013. Hanya saja hingga saat ini belum terealisasi lantaran belum memiliki izin Rencana Induk Pelabuhan (RIP) dari Kementerian Perhubungan RI.

Dikatakan, pembangunan Peti Kemas Gili Mas itu sangat dibutuhkan. Terlebih NTB kerap disinggahi kapal pesiar berkapasitas 2000 penumpang.

Dalam waktu dekat, terdapat empat kapal besar, masing-masing membawa wisatawan akan tiba di perairan Lombok. “Biasanya memang banyak kapak pesiar yang membawa wisatawan ke Lombok. Tapi kapal-kapal tersebut hanya dapat berhenti jauh dari pelabuhan,” kata H Abdul Hadi kepada wartawan, kemarin (1/7).

Abdul Hadi yang juga Ketua DPW PKS itu mengecek kesiapan arus mudik baik di Pelabuhan Lembar maupun di Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur. Menurutnya, salah satu hal yang terpenting dalam melayani arus mudik Lebaran adalah kesiapan kapal dan kelaikannya.

Dalam perjalanannya itulah dia memperoleh informasi mengenai perkembangan terkini rencana pembangunan Gili Mas itu. Dia menilai dibutuhkan dorongan semua pihak terutama support legislator RI dapil NTB agar proyek senilai Rp 1,5 triliun itu dapat terealisasi. “Karena hingga kini prosesnya masih terkatung-katung,” paparnya.

Keberadaan Gili Mas itu sangat menguntungkan NTB yang sedang menggenjot sektor pariwisata. Perekonomian akan berjalan lancar jika Gili Mas terealisasi. Pasalnya, akan dibangun penginapan-penginapan, arus keluar masuknya barang semakin lancar serta akan menyerap banyak tenaga kerja.

Pihak Pelindo III juga sudah menyiapkan lahan seluas 100 hektare. Dari jumlah itu yang baru terealisasi 60 hektare. Selain itu, kelayakan untuk pembangunan Pelabuhan Gili Mas telah lama dilakukan, termasuk studi lingkungan. Gili Mas Lembar itu ditargetkan dimulai pembangunannya pada 2017.

Abdul Hadi menegaskan, pihaknya akan berupaya maksimal mendorong percepatan pembangunan Gili Mas Lembar untuk kemajuan NTB khususnya Lombok Barat. (tan/r9)

Berita Lainnya

Demokrat Kawal Gubernur Zul

Redaksi LombokPost

Janji Korban Gempa Harus Dituntaskan

Redaksi LombokPost

Garbi Bakal Gembosi PKS?

Redaksi LombokPost

HBK Dukung Program Zul-Rohmi

Redaksi LombokPost

Pendaftaran Calon Angota KPU Diperpanjang

Redaksi LombokPost

Sembilan Sekolah Lolos Babak Penyisihan Lomba Cerdas Cermat

Redaksi LombokPost

Partisipasi Pemilih Nasional Ditarget 77,5 Persen

Redaksi Lombok Post

Pemilu Serentak 2019 Ribet

Redaksi LombokPost

Ma’ruf Amin Kampanye di Pondok?

Redaksi Lombok Post