Lombok Post
Tanjung

Polres-Dikes Siapkan Posko, SAR Gelar Patroli

PERIKSA: Kepala Kantor SAR Mataram Nanang Sigit (tiga dari kiri) saat mengecek personel dan sarana yang akan diterjunkan saat Lebaran Topat di sejumlah daerah, kemarin (12/7).

TANJUNG – Hari ini, sejumlah lokasi wisata diprediksi bakal dipadati masyarakat. Pasalnya, hari ini merupakan perayaan Lebaran Topat.

Untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, Dinas Kesehatan (Dikes) Lombok Utara menyiagakan seluruh puskesmas. “Semua puskesmas yang ada di Lombok Utara harus siaga dengan UGD nya. Kita juga akan buat posko di sejumlah lokasi,” ungkap Plt Kepala Dikes Suhardi, kemarin (12/7).

Dijelaskan, posko kesehatan akan didirikan di lokasi utama perayaan Lebaran Topat. Pemkab Lombok Utara memusatkan kegiatan ini di pantai Ombak Beleq, Desa Sigar Penjalin. Selain itu, posko kesehatan juga akan disediakan di Gangga dan Bangsal.

“Masing-masing posko nanti ada petugas yang standby, minimal tiga orang,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Kantor SAR Mataram melalui Humas, Putu Cakra Ningrat mengatakan, untuk melakukan tindak preventif pihaknya menerjunkan sembilan tim darat.

Mereka akan ditempatkan pada masing-masing titik pantai di sejumlah lokasi di NTB. Untuk wilayah Lombok Utara, tim darat akan disiagakan di wilayah pantai Nipah.

Sementara untuk tim laut dibagi menjadi enam tim masing-masing menggunakan Kapal RB 220, Rubber Boat dan Jet Sky. Tim ini yang akan melakukan mobiling di laut dari satu ke titik yang lainnya. Selain itu, pemantauan juga dilakukan dari udara yang dipantau langsung Kepala Kantor SAR Mataram.

“Di Lombok Utara, tim laut akan mobiling di wilayah gili dan sejumlah pantai yang diprediksi ramai pengunjung termasuk di lokasi perayaan Lebaran Topat oleh pemkab. Kita lebih dalam hal pengamanan bagi masyarakat karena pasti sejumlah pantai akan dipadati pengunjung,” paparnya.

Terpisah, Kapolres Persiapan Lombok Utara AKBP Rifai mengungkapkan, untuk posko pengamanan Lebaran Ketupat akan didirikan di beberapa titik.

Diantaranya Kecamatan Tanjung 6 posko, Kecamatan Kayangan 3 posko, Kecamatan Bayan 3 posko, Kecamatan Gangga 4 posko, dan Kecamatan Pemenang 3 posko. “Ini diisi personel gabungan dari Polres Lobar, Polda NTB, dan Polres Persiapan Lombok Utara.

Titik-titiknya di lokasi wisata yang dikunjungi warga,” pungkasnya. (puj/r9)

Berita Lainnya

50 Orang Dilatih Jadi Aplikator Risha

Redaksi LombokPost

Rekruitmen P3K Diharapkan Bisa Mulai Tahun Depan

Redaksi LombokPost

Kantor Sementara DPRD Mulai Dibangun

Redaksi LombokPost

Warga Dusun Boyotan Terancam Tak Dapat Rp 50 Juta

Redaksi LombokPost

Baru 40 Sekolah Rusak Berat Dirobohkan

Redaksi LombokPost

Sekda Izinkan Huntara BUMN yang Tak Ditempati Dibongkar, Asal…

Redaksi LombokPost

Empat Puskesmas Darurat Mulai Beroperasi

Redaksi LombokPost

7.000 Petisi Penolakan Juknis Bantuan Gempa

Redaksi LombokPost

Pelebaran Jalan Ganggu Distribusi Air

Redaksi LombokPost