Lombok Post
Headline Politika

Rumaksi Dorong Pengusaha untuk Maju

Politisi senior Partai Hanura H Rumaksi

MATARAMA�– Provinsi NTB pernah dipimpin dari beragam latar belakang profesi. Mulai dari PNS, TNI, politisi, bahkan dari kalangan ulama. Hanya pemimpin berlatar belakang pengusaha yang belum memimpin NTB.

Politisi senior Partai Hanura H Rumaksi mengatakan, masyarakat memerlukan banyak pilihan calon kepala daerah. Tidak saja dari kalangan politisi dan TNI, pilihan lainnya dari kalangan pengusaha. “Seharusnya juga ada kandidat bakal calon gubernur dari kalangan pengusaha,” kata Rumaksi kepada wartawan, kemarin (21/7).

Dikatakan, APBD NTB yang mencapai Rp 3,7 triliun dengan jumlah PAD Rp 1,3 triliun seyogyanya mampu berinovasi. Dengan begitu, calon pemimpin dari kalangan pengusaha ini diharapkan dapat merombak tatanan kehidupan masyarakat.

Termasuk meminimalisasi angka kemiskinan dan menyerap tenaga kerja dengan membuka banyak lapangan kerja. Pemimpin dari kalangan pengusaha tersebut diyakini akan lebih all out untuk menyejahterakan rakyat.

Sekretaris Komisi I DPRD NTB itu lantas menyontohkan bagaimana Presiden RI Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla yang juga termasuk dari kalangan pengusaha. “Bisa juga meminimalisasi praktik korupsi jika pemimpin itu sudah mapan. Tidak lagi punya kepentingan melainkan untuk menyejahterakan rakyat,” paparnya.

Di samping itu, pengusaha juga diharapkan mampu lebih banyak mendatangkan investor. Terlebih, mereka sudah terbiasa berkomunikasi dan berpola pikir yang sama dengan para investor.

Rumaksi menilai, seyogyanya seluruh kalangan masyarakat NTB baik politisi, partai politik, tokoh masyarakat, jurnalis, serta akademisi untuk membedah kemungkinan tersebut. Dengan begitu, pendidikan politik bagi masyarakat terus berjalan. Masyarakat NTB pun punya banyak pilihan dari sejumlah tokoh yang mulai muncul akhir-akhir ini.

Lagi pula, kata politisi dari Lombok Timur ini, masih tersisa waktu yang panjang untuk masyarakat memikirkan masa depan NTB pasca TGB. Artinya, diharapkan muncul figur pemimpin yang benar-benar tepat untuk dipilih pada pilgub 2018 mendatang.

Hingga saat ini sejumlah nama mulai disebut-sebut bakal bertarung pada pilgub 2018. Diantaranya, H Ahyar Abduh, H Suhaili FT, HM Ali Bin Dahlan. Ketiganya kini masih menjabat sebagai bupati dan wali kota. Dari kalangan TNI nama Lalu Rudy Irham Srigede yang pernah menjabat Danrem 162/WB juga disebut akan bertarung. Sedangkan dari kalangan politisi terdapat nama H Sunardi Ayub, KH Zulkifli Muhadli, hingga nama anggota DPD RI Hj Robiatul Adawiyah. (tan/r9)

Berita Lainnya

Kematian Bayi Lotim Menurun

Redaksi LombokPost

Penyeberangan di Pelabuhan Lembar Molor

Redaksi LombokPost

Polres Loteng Siap Bersinergi Dengan Media

Redaksi LombokPost

PDIP Panaskan Mesin Partai

Redaksi LombokPost

Bangun Tidur, Begal Dicokok Polisi

Redaksi LombokPost

Pak Jokowi, Bebaskan Baiq Nuril!

Redaksi Lombok Post

Penangan Pascagempa Lamban

Redaksi LombokPost

SMPN 3 Jonggat Terapkan Pembelajaran Berbasis Siswa

Redaksi LombokPost

Pemkab Loteng Siapkan Nikah Massal Gratis

Redaksi LombokPost