Lombok Post
Giri Menang

Ketika Air Sungai Delapan Janji di Desa Rumak Menyusut

TANGKAP IKAN: Sejumlah anak menangkap ikan di Sungai Delapan Janji Desa Rumak Kecamatan Kediri yang menyusut, kemarin(22/7).

Sungai terkadang membawa bencana, namun juga membawa segudang berkah. Seperti yang di Sungai Delapan Janji di Desa Rumak Kecamatan Kediri. Warga setempat berbondong-bondong memanen ikan di sungai tersebut. Ada apa?

***

SEKITAR pukul 09.00 Wita, air sungai ini tiba-tiba menyusut sejak pagi buta. Tak pernah ada yang menyangka, di balik menyusutnya air tersebut terdapat berkah yang menanti.

Berawal dari Ary, seorang bocah 10 tahun yang tengah asyik bermain di tepi sungai. Ia melihat beberapa gerakan aneh dalam air sungai. Penasaran, akhirnya ia memutuskan untuk memasuki sungai sepanjang 85 kilometer tersebut.

Ia terkejut menyaksikan apa yang ia temukan. Gerakan aneh yang ia lihat ternyata berasal dari ratusan ikan yang berusaha mencari aliran air yang lebih besar.

Merasa takjub dan senang, ia kemudian memanggil teman-teman yang tengah asyik bermain di dekat sungai. Mendengar panggilan tersebut, mereka ikut turun ke sungai.

Beberapa di antara mereka berlari mengambil peralatan di rumah yang tak jauh dari lokasi. Ada yang membawa ember, ada pula yang membawa bak dan plastik untuk menampung ikan-ikan tersebut.

Beberapa orang dewasa juga ikut turun menangkap ikan. Hasil ikan yang ditangkap pun beragam. Mulai dari ikan mujair, nila hingga ikan mas.

Mereka tak memerlukan pancing ataupun jaring untuk menangkap ikan. Cukup hanya dengan menggunakan tangan, ikan dapat ditangkap.

Marjan, salah seorang warga Desa Rumak menuturkan, kasus ini baru pertama kali terjadi. Sebelumnya, Sungai Delapan Janji belum pernah menyusut dan menghasilkan ikan sebanyak ini.

Hasil tangkapan tersebut akan di jual sebagian. Sebagian lagi akan dikonsumsi bersama keluarga. Ia sangat senang karena mendapatkan berkah yang tak terduga.

a�?Benar-benar rejeki yang tak terduga,a�? pungkasnya bahagia. (FERIAL AYU, Giri Menang*/r4)

Berita Lainnya

PJU di PLTU Jeranjang Segera Dibangun

Redaksi LombokPost

Pemancing Diduga Hanyut di Perairan Labuan Poh

Redaksi LombokPost

Sinyal Mutasi Makin Menguat

Redaksi LombokPost

Sekolah Terdampak Gempa Belum Diperhatikan

Redaksi LombokPost

Korban Gempa Butuh Lebih Banyak Huntara

Redaksi LombokPost

HUT SMAN 1 Gerung Meriah

Redaksi LombokPost

Pariwisata Senggigi Diyakini Pulih Lebih Cepat

Redaksi LombokPost

9.345 Orang Tertahan di Pengungsian

Redaksi LombokPost

Bupati Bela PT Tripat

Redaksi LombokPost