Tanjung

Dikes Siapkan Dokter dan Ambulans di Trawangan

TANJUNGA�– Pemkab Lombok Utara mulai gencar melakukan penambahan fasilitas di sejumlah daerah pariwisata. Ini dilakukan setelah pemkab melaunching branding baru beberapa waktu lalu.

Beberapa langkah yang segera disiapkan adalah menyediakan satu dokter dan satu unit ambulans apung untuk melayani daerah pariwisata Gili Trawangan.

“Dokter sudah ada dan ambulans sekarang sedang kita siapkan,” ujar Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar beberapa waktu lalu.

Terpisah Plt Kepala Dinas Kesehatan Lombok Utara Suhardi mengungkapkan, dokter tersebut saat ini sudah ditempatkan di Pustu Gili Trawangan, nantinya dokter tersebut akan bertugas dan menetap di daerah pariwisata tersebut.

“Dulu memang belum ada dokter, tetapi sekarang sudah kita sediakan,” ungkapnya, kemarin (28/7).

Dijelaskan, untuk saat ini dokter tersebut akan bertugas di Puskesmas yang ada di Trawangan sembari menunggu pembangunan Mini Hospital. Sedangkan untuk ambulans apung pihaknya juga telah menggangarkan dari APBDP 2016. Total anggaran yang digelontorkan pun mencapai Rp 275 juta untuk satu unit.

“Sudah dimasukkan, semoga usulan ini lancar,” cetusnya.

Untuk sistem operasional kapal, nantinya Dinas Kesehatan akan bekerjasama dengan pihak Desa Gili Indah. Ambulans apung tersebut bakal dikelola pihak desa untuk melayani masyarakat maupun wisatawan. Hanya saja, terkait anggaran operasional kapal kedepannya akan dilakukan dengan sharing.

“Nanti desa yang kelola buatkan regulasinya, bagaimana caranya kita komunikasikan lagi juga dengan operasionalnya kedepan. Selama ini kan masyarakat kesulitan kalau harus merujuk ke darat menggunakan publik boat,” paparnya.

Lebih lanjut, Suhardi mengatakan, untuk mini hospital rencananya dibangun tahun depan dengan anggaran pembangunan bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). “2017 dianggarkan semoga tidak ada halangan,” pungkasnya. (puj/r9)

Related posts

India dan AS Bantu KLU

Redaksi Lombok Post

Hindari Jurang, Truk Boks Tabrak Sepeda Motor

Redaksi Lombok Post

Dorong Anak-anak Lombok Utara Terus Sekolah

Redaksi LombokPost