Lombok Post
Giri Menang

Bupati Fauzan Bakal Bentuk PPID Desa

POSE: Bupati Lobar H Fauzan Khalid Berfoto bersama Komisi Informasi Publik (KIP) NTB usai audiensi tindak lanjut MoU pembentukan PPID Lobar, kemarin (8/9).

GIRI MENANG – Komisi Informasi Publik (KIP) NTB melakukan audiensi dengan Bupati Lombok Barat, H Fauzan Khalid, kemarin (9/8). Audiensi itu berlangsung di ruang kerja Bupati.

Kunjungan KIP NTB itu untuk menindaklanjuti MoU yang sudah ditandatangani antara Kemendes dan KIP pusat.

Audiensi kelima komisioner KIP NTB ini juga dihadiri Kepala Bappeda Lobar, H Baehaqi, Kadishubkominfo Lobar, HA Saikhu, Kabag Pemerintahan Hamka, Kabag PDE M Subardi dan perwakilan Bagian Hukum Setda Lobar.

Dalam kesmpatan itu, Ketua KIP NTB Hj Rosalinda mengaku ingin menindaklanjuti kesepakatan yang sudah dijalin bersama untuk membentuk Kawasan Desa Benderang Informasi Publik.

MoU tersebut nanti akan diperkuat dengan keterlibatan seluruh bupati dibawah naungan Kementerian Dalam Negeri, Kemendes dan KI Pusat.

Rencananya pada Oktober nanti, Desa Benderang Informasi Publik ini akan dicanangkan dengan sasaran pembentukan PPID seluruh desa di Lombok Barat.

Menanggapi itu, Bupati Lombok Barat, H Fauzan menyatakan dukungannya. Menurutnya, PPID merupakan media untuk lebih memperkuat komitmen Pemkab Lobar atas pelaksanaan UU No. 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Fauzan menilai KIP merupakan hak setiap orang. Terlebih bagi masyarakat Lombok Barat.

Karena itu, Pemkab Lobar tetap berkomitmen membuka seluas-luasnya akses informasi publik bagi masyarakat. Mulai dari proses perencanaan, penganggaran hingga pelaksanaan program kerja pemerintah daerah.

a�?Bahkan apa yang menjadi skala prioritas dari masyarakat desa dalam pembangunan berdasarkan aspirasi masyarakat menjadi apresiasi penting yang harus segera ditindaklanjuti,a�? jelasnya.

Fauzan menilai keberadaan PPID sangat strategis. Bahkan saat ini BPMPD Lobar tengah merancang terbentuknya PPID di Desa dengan sampel proyek di satu atau dua desa. Jika ini berhasil diharapkan akan bisa diikuti oleh desa-desa lainnya di Lobar. (fer/r6)

Berita Lainnya

Dengan Kartu Nikah Administrasi Lebih Mudah, Benarkah?

Redaksi LombokPost

Harga Kedelai dan Kacang Tanah Melonjak

Redaksi LombokPost

Penyeberangan di Pelabuhan Lembar Molor

Redaksi LombokPost

Tiga Desa dan Dua Sekolah Diaudit Khusus

Redaksi LombokPost

PJU di PLTU Jeranjang Segera Dibangun

Redaksi LombokPost

Pemancing Diduga Hanyut di Perairan Labuan Poh

Redaksi LombokPost

Sinyal Mutasi Makin Menguat

Redaksi LombokPost

Sekolah Terdampak Gempa Belum Diperhatikan

Redaksi LombokPost

Korban Gempa Butuh Lebih Banyak Huntara

Redaksi LombokPost