Lombok Post
Sumbawa

Menegangkan, Menang dengan Selisih Dua Suara

PILKADES: Proses perhitungan suara di salah satu desa yang menyelenggaran pilkades, Sabtu (13/8).

SUMBAWA – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 20 desa dari 13 kecamatan, Kabupaten Sumbawa telah digelar, Sabtu (13/8). Selama pelaksanaannya, tidak ada gejolak. Aman dan lancar.

Bupati Sumbawa HM Husni Djibril ikut memantau langsung pelaksanaan pilkades di Desa Labuhan Mapin, Kecamatan Alas Barat.

Bupati juga menyaksikan proses perhitungan suara. Sementara Wakil Bupati H Mahmud Abdullah memantau jalannya Pilkades di Lenangguar.

Pada pilkades serentak ini, ada beberapa calon mampu menyisihkan lawan dengan perbedaan suara cukup tipis. Ada yang beda empat suara. Ada juga yang cuma beda dua suara saja.

Seperti Di Desa Lenangguar. Calon Asraruddin unggul meraih 376 suara. Ia beda dua suara dengan A Latief AW yang meraih 374 suara.

Kabag Humas Pemda Sumbawa Rachman Anshori, pelaksanaan pilkades di 20 desa berlangsung demokratis, aman, dan lancar.

a�?Bupati berharap kepada kepala desa terpilih ke depan menjalankan tugas dengan amanah. Sesuai dengan harapan masyarakat,a�? katanya, Sabtu (13/8).

Hasil rekapitulasi perolehan suara dan kepala desa terpilih telah diketahui. Di Desa Labu Mapin, Kecamatan Alas Barat, Jamaluddin HK unggul dari empat calon lainnya dengan 661 suara.

Untuk Kecamatan Utan, ada dua desa yang melaksanakan Pilkades. Yakni Desa Bale Brang dengan Desa Pukat.

Di Desa Bale Brang tiga calon kades memperebutkan suara 1.135 orang pemilih sesuai DPT. Pemenangnya Iskandar dengan suara terbanyak yakni 474 suara.

Di Desa Pukat, tercatat lima calon yang bersaing ketat. Hasil rekapitulasi nama Slamet Riyadi ditetapkan sebagai calon dengan suara terbanyak dengan meraih 659 suara.

Sementara di Desa Sebotok Kecamatan Labuan Badas, suara terbanyak diraih Abdurrahman dengan perolehan 378 suara. Hanya beda empat suara dari lawannnya yakni Ahmad Fitrah J yang mengantongi 374 suara.

Di Desa Pelat, Kecamatan Unter Iwes, Herman terpilih menjadi kepala desa dengan perolehan sebesar 908 suara. Di Kecamatan Moyo Hilir, empat desanya melaksanakan Pilkades.

Yakni Desa Serading yang diikuti empat calon. Burhanuddin terpilih sebagai kepala desa dengan raihan 1.313 suara. Di Desa Kakiang, Erfan Rahardian keluar sebagai pemenang dengan mengantongi 933 suara.

Untuk Desa Olat Rawa, perolehan suara dari lima calon selisihnya tidak terlalu jauh. Suprianto keluar sebagai kepala desa terpilih. Calon bernomor urut tiga ini meraih 280 suara.

Di Desa Batu BangkaH Abdul Wahab unggul dari dua kandidat lainnya dengan perolehan 625 suara.

Selanjutnya, di Desa Kukin, Kecamatan Moyo Utara tiga calon dengan jumlah DPT 1.024 orang berkompetisi. Hasil perhitungan, Khaeruddin unggul signifikan dengan 603 suara.

Untuk Kecamatan Moyo Huluada tiga desa. Untuk Desa Brang Rea terpilih Iwan Darsono dengan raihan 583 suara.

Kemudian Hasan terpilih sebagai Kades Mokong. Kandidat bernomor urut 2 ini mendulang 627 suara.

Bergeser ke Desa Lito. Calon Maswarang unggul dengan perolehan 687 suara. Selisih 16 suara dari saingannya Irwandi HS yang meraih 671 suara.

Di Desa Pungkit, Kecamatan Lopok, Syamsuddin meraih unggul dengan 379 suara.

Syamsuddin berhasil menyisihkan tiga calon lainnya. Di Desa Simu Kecamatan Maronge.

Samsun keluar sebagai Kades terpilih dengan mengantongi 670 suara. Sementara di Desa Lamenta Kecamatan Empang, M Taufik meraih suara terbanyak yaitu 683 suara.

Di Desa Labuan Jambu, Kecamatan Tarano, kades terpilih Musykil Artsyah dengan meraih 591 suara. Di Kecamatan Lenangguar ada dua desa.

Yakni Desa Ledang dan Desa Lenangguar. Di Desa Ledang Mastar unggul dengan 624 suara dari pesaingnya M Tayeb yang meraih 505 suara.

Di Desa Lenangguar Asraruddin unggul dari empat calon lainnya dengan raihan 376 suara.

Perolehan suara calon bernomor urut empat ini terpaut dua suara dari saingan terberatnya A Latief AW yang meraih 374 suara.

Terakhir di Desa Tepal Kecamatan Batu Lanteh, mantan Kepala Desa Ali Amrullah kembali mendapat kepercayaan masyarakat.

Calon nomor urut 3 ini meraup 420 suara unggul dari empat calon lainnya. (run/r1)

Berita Lainnya

Dana Bantuan Korban Gempa Cair Pekan Ini

Redaksi LombokPost

Perpustakaan Cempi Jaya Banggakan Dompu

Redaksi LombokPost

Minyak Sumbawa Sangat Layak Menasional

Redaksi LombokPost

Puluhan Lampu Terpasang, Kota Bima Semakin Terang

Redaksi LombokPost

KPU Dompu Publikasikan Daftar Caleg Sementara

Redaksi LombokPost

Pelayanan RSUD Sumbawa Mulai Dibenahi

Jalan Teladan-Kelawis dan Batu Rotok Tuntas

Berkas SMKN Lunyuk Dikirim ke Kejaksaan

Istri Jadi TKW, GT Hamili Anak Kandungnya