Lombok Post
Giri Menang

PMI Lobar Bakal Sasar Ponpes

HUT PMI: Sejumlah relawan kemanusiaan yang merupakan santri Ponpes Nurul Haramaian Narmada mempraktekan aksi menolong korban bencana dalam HUT ke-71 PMI di Pondok Pesantren Nurul Haramain Narmada kemarin (18/09).

GIRI MENANG – Palang Merah Indonesia (PMI) Lobar akan mendekati pondok pesantren (ponpes) untuk menjadi basis PMI. Hal itu dikatakan Ketua PMI Lobar H Fauzan Khalid usai memimpin apel memperingati hari jadi PMI ke-71 di Pondok Pesantren Nurul Haramain, Narmada kemarin (18/9).

Perayaan HUT ke-71 PMI itu dihadiri Ketua PMI NTB H Mesir Suryadi, pimpinan Ponpes Nurul Haramain TGH Hasanain Juaini, Kepala Dinas Kesehatan Lobar Rahman Sahnan Putra serta sejumlah undangan dari berbagai instansi.

Dalam kesempatan itu Fauzan yang juga Bupati Lobar mengukuhkan relawan dan palang merah remaja Lobar yang terdiri atas para pelajar di Lobar. Pada HUT ke-71 PMI kali ini dirayakan secara sederhana bersama santri Ponpes Nurul Haramain. Fauzan bersama Ketua PMI NTB H Mesir Suryadi memotong tumpeng yang diserahkan kepada Palang Merah Remaja.

Menurut Fauzan, kekurangan stok darah menjadi persoalan yang kerap dihadapi PMI Lobar. Maka itu, kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk ponpes, sangat diperlukan.

a�?Kami akan berkeliling ke ponpes di Lobar untuk menjajaki kerja sama tersebut,a�? ujar Fauzan.

Dikatakan, sejauh ini Lobar menjadi satu-satunya kabupaten/kota di NTB yang mampu menjadi distributor darah. PMI Lobar sendiri memiliki Unit Donor Darah (UDD) yang berlokasi di Mataram. UDD kelas B itulah yang melayani kebutuhan darah masyarakat. Dia berharap, kerja sama dengan ponpes lebih memperluas area pelayanan darah sehingga kebutuhan darah terpenuhi.

Terkait dengan itu, pihaknya sudah mengusulkan kepada PMI NTB agar kedepannya UDD tersebut juga ada di kabupaten/kota lainnya di NTB. Fauzan optimistis jika kerjasama dengan pondok pesantren itu akan berhasil sehingga benar-benar berdampak signifikan terhadap kebutuhan darah bagi masyarakat yang memerlukan.

Peringatan HUT PMI ke-71 itu dimeriahkan dengan berbagai kesenian dan tarian kolosal yang disajikan oleh santri Ponpes Nurul Haramain. Santri yang tergabung dalam Palang Merah Remaja juga menampilkan keterampilannya dalam menangani musibah, baik kebakaran maupun memberikan pertolongan bagi korban. (tan/r3)

Berita Lainnya

Perawatan Jalan Memang Tak Maksimal

Redaksi LombokPost

Dekat PLTU, Jalur ke Jeranjang Malah Gelap Gulita

Redaksi LombokPost

Tekan Kemiskinan, Eksekutif dan Legislatif Harus Bersinergi

Redaksi LombokPost

Calon PNS Siapkan Diri, Tes SKB Digelar Sehari

Redaksi LombokPost

Jaspel Puskesmas Gunungsari Tersumbat

Redaksi LombokPost

Hotel di Senggigi Mulai Bangkit

Redaksi LombokPost

Empat Bulan Tersiksa di Pengungsian

Redaksi LombokPost

Giliran Warga Langko Gedor Kantor Desa

Redaksi LombokPost

Dengan Kartu Nikah Administrasi Lebih Mudah, Benarkah?

Redaksi LombokPost