Lombok Post
Giri Menang

128.527 Warga Belum Terekam KTP

E KTP
E KTP

GIRI MENANG – Sebanyak 128.527 warga Lombok Barat (Lobar) belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Lombok Barat berupaya maksimal menuntaskannya.

Saat ini, Dukcapil Lobar memperoleh 8.000 blanko KTP elektronik. Kepala Dukcapil Lobar H Muridun mengatakan, wajib KTP di Lobar hingga September 2016 mencapai 510.514. Dari jumlah itu sebanyak 318.987 yang sudah melakukan perekaman.

Adapun 8.000 blanko tersebut diperuntukkan bagi mereka yang sudah direkam namun belum mendapat KTP. Dikatakan, tidak ada target kapan perekaman akan tuntas. Pasalnya, kebutuhan KTP ini terus bertambah.

Pihaknya juga akan mengusulkan penambahan blanko dari pusat untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Muridun mengatakan, pihaknya tidak dapat mengajukan permohonan blanko sekaligus, mengingat kebutuhan nasional yang begitu banyak. “Jadi secara bertahap mengingat kebutuhan blanko nasional,” ujar dia.

Terpisah, Ketua KPUD Lobar Suhaimi Syamsuri mengatakan pihaknya mewanti-wanti agar pemerintah dapat menuntaskan KTP bagi warga. Dia yakin pada saatnya nanti pemerintah Lobar akan menyerahkan data penduduk DP4 untuk kepentingan Pilkada Lobar.

“Kita mengingatkan saja agar dapat tuntas jauh-jauh hari, sehingga tidak menimbulkan persoalan,” ungkap Suhaimi.

KPU dinilai sangat berkepentingan dengan KTP sebagai basis data pemilih. Pada tahapan pilkada, KPU akan mendata jumlah orang yang berhak memilih. Salah satu syaratnya adalah menunjukkan identitas jelas.

Sehingga, keberadaan KTP dinilai penting sebagai dasar untuk menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) melalui mekanisme pemutakhiran data pemilih. Syamsuri menegaskan tahapan pendataan pemilih itu dimanfaatkan sebagai data berkelanjutan. (tan/r5)

Berita Lainnya

Harga Kedelai dan Kacang Tanah Melonjak

Redaksi LombokPost

Penyeberangan di Pelabuhan Lembar Molor

Redaksi LombokPost

Tiga Desa dan Dua Sekolah Diaudit Khusus

Redaksi LombokPost

PJU di PLTU Jeranjang Segera Dibangun

Redaksi LombokPost

Pemancing Diduga Hanyut di Perairan Labuan Poh

Redaksi LombokPost

Sinyal Mutasi Makin Menguat

Redaksi LombokPost

Sekolah Terdampak Gempa Belum Diperhatikan

Redaksi LombokPost

Korban Gempa Butuh Lebih Banyak Huntara

Redaksi LombokPost

HUT SMAN 1 Gerung Meriah

Redaksi LombokPost