Lombok Post
Sumbawa

Usut Pembakaran Kayu Sitaan

kebakaran
MENCURIGAKAN : Petugas pemadam kebakaran saat memadamkan api yang melalap kayu sitaan di halaman kantor KPH Batulanteh

SUMBAWA – Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumbawa Syamsul Fikri meminta pihak kepolisian tidak kompromi dalam menyelesaikan kasus illegal logging. Termasuk dengan dugaan kasus pembakaran barang bukti di KPH Batu Lanteh beberapa waktu lalu. Fikri menilai pembakaran yang dilakukan oleh orang tidak bertanggungjawab merupakan ujian bagi kepolisian dan pemerintah.

Barang bukti yang sudah disita dan diamankan, kemudian dibakar oleh oknum tertentu dinilainya sangat melecehkan tim operasi gabungan (Opgab) yang dibentuk pemerintah. Dalam hal ini dia meminta pihak kepolisian agar segera menangkap pelaku pembakaran dan dihukum berdasarkan aturan yang berlaku.

“Kepolisian harus mengusut tuntas kasus pembakaran barang bukti ini. Kepolisian juga harus teliti mendalami kasusnya. Karena indikasinya, kebakaran ini bisa saja dilakukan oleh oknum yang tidak setuju dengan pemberantasan illegal logging di daerah kita,” ujarnya kemarin (19/9).

Selain kepolisian, Politisi Partai Demokrat itu juga meminta tim opgab agar lebih menggencarkan operasi. Pembakaran kayu sitaan di KPH Batu Lanteh selain ujian bagi kepolisian dan pemerintah, juga ujian bagi tim opgab yang dibentuk. Pembakaran yang dilakukan dinilainya merupakan genderang perang dari para oknum pelaku yang tidak memiliki izin dari pemerintah.

Kayu sitaan yang telah menjadi aset negara yang akan dilelang diminta agar dijaga ketat oleh tim keamanan, baik kepolisian maupun TNI. Sedangkan kayu sitaan yang masih dalam proses selain yang berada di luar Kodim 1607 Sumbawa, agar disatukan ke Kodim 1607. Hal ini dianggap akan mempermudah penyelidikan oleh tim penyidik dari Dinas Kehutanan Provinsi NTB.

“Opgab harus gencar lagi operasinya, Jangan ada yang kompromi dengan para pelaku illegal logging. Kayu sitaan yang menjadi asset negara segara lelang,”tegasnya.

Pihaknya mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Kodim 1607 Sumbawa yang telah memperketat penjagaan barang bukti kayu sitaan. (han/r4)

Berita Lainnya

Dana Bantuan Korban Gempa Cair Pekan Ini

Redaksi LombokPost

Perpustakaan Cempi Jaya Banggakan Dompu

Redaksi LombokPost

Minyak Sumbawa Sangat Layak Menasional

Redaksi LombokPost

Puluhan Lampu Terpasang, Kota Bima Semakin Terang

Redaksi LombokPost

KPU Dompu Publikasikan Daftar Caleg Sementara

Redaksi LombokPost

Pelayanan RSUD Sumbawa Mulai Dibenahi

Jalan Teladan-Kelawis dan Batu Rotok Tuntas

Berkas SMKN Lunyuk Dikirim ke Kejaksaan

Istri Jadi TKW, GT Hamili Anak Kandungnya