Lombok Post
Sumbawa

Besok, Yahya Soud Divonis

ilustrasi pengadilan

SUMBAWA – Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Mataram akan menggelar sidang kasus korupsi dengan terdakwa Yahya Soud, Jumat besok (23/9). Persidangan dengan agenda pembacaan putusan ini awalnya dijadwalkan 19 September lalu. Namun karena ada halangan, akhirnya ditunda besok.

Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Sumbawa, Anak Agung RakaA� mengungkapkan, awalnya jaksa penuntut umum (JPU) menuntut terdakwa kasus dugaan korupsi pembangunan rumah adat Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) ini dengan pidana penjara satu tahun enam bulan.

Selain itu, terdakwa juga dikenakan denda sebesar Rp 50 juta subsidair tiga bulan kurungan. Dalam hal ini, terdakwa tidak dibebankan untuk membayarkan uang pengganti. Sebab, saat dilakukan penyidikan sudah ada upaya pengembalian kerugian negara. ”Berdasarkan bukti setor jumlah yang dikembalikan sebesar Rp 385 juta,” ujarnya kemarin.

Raka-sapaan akrabnya- mengungkapkan atas putusan ini terdakwa melalui kuasa hukumnya juga sudah mengajukan pembelaan. Disinggung mengenai tersangka lain dalam kasus ini, yakni Teguh Maramis, Raka mengatakan bahwa prosesnya tetap berjalan. Kasus yang sama dengan tersangka Teguh Maramis ini sudah dalam proses penyidikan. Saat ini pihaknya juga tengah melakukan pemeriksaan saksi untuk tersangka Teguh Maramis.

Seperti diberitakan, pembangunan rumah adat milik Pemerintah KSB senilai Rp 2 miliar itu mangkrak. Hal ini terjadi setelah dilakukan pemutusan kontrak kerja secara sepihak oleh pejabat pembuat komitmen (PPK) proyek. Pemutusan kontrak ini dilakukan karena kontraktornya diduga kabur.

Diketahui pemenang proyek tender ini adalah PT AS. Berdasarkan informasi, hasil penghitungan yang dilakukan atas realisasi pekerjaan yang dilaksanakan PT AS sekitar 5,4 persen. Pembangunan ini tidak berdasarkan kontrak yang ada. Sayangnya meski diputus kontrak, PT AS sebelumnya diduga telah menerima anggaran sebesar Rp 500 juta dari keseluruhan nilai kontraknya. Dalam proyek ini yang bertindak selaku PPK adalah Yahya Soud. Sementara Teguh Maramis merupakan pelaksana kegiatan. (run/r4)

Berita Lainnya

Dana Bantuan Korban Gempa Cair Pekan Ini

Redaksi LombokPost

Perpustakaan Cempi Jaya Banggakan Dompu

Redaksi LombokPost

Minyak Sumbawa Sangat Layak Menasional

Redaksi LombokPost

Puluhan Lampu Terpasang, Kota Bima Semakin Terang

Redaksi LombokPost

KPU Dompu Publikasikan Daftar Caleg Sementara

Redaksi LombokPost

Pelayanan RSUD Sumbawa Mulai Dibenahi

Jalan Teladan-Kelawis dan Batu Rotok Tuntas

Berkas SMKN Lunyuk Dikirim ke Kejaksaan

Istri Jadi TKW, GT Hamili Anak Kandungnya