Lombok Post
Sumbawa

Pelantikan Kades Ledang Ditunda

Bupati Sumbawa HM Husni Djibril

SUMBAWAA�– A�Para kepala desa (kades) terpilih dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Sumbawa akhirnya dilantik kemarin (10/10). Namun, dari 20 kades, satu orang batal dilantik. Yakni kades terpilih Desa Ledang, Kecamatan Lenangguar.

Dari pantauan Radar Sumbawa (Lombok Post Group), pelantikan dilaksanakan di aula lantai III Kantor Bupati Sumbawa. Para kades terpilih ini dilantik langsung oleh Bupati Sumbawa HM Husni Djibril. Pelantikan ini disaksikan semua unsur pimpinan daerah, kepala SKPD lingkup Pemkab Sumbawa dan perwakilan pendukung masing-masing kades terpilih.

Ditemui usai pelantikan, Bupati Sumbawa HM Husni Djibril mengatakan kades terpilih Desa Ledang ditunda karena ada putusan sela dari PTUN Mataram atas gugatan pilkades desa setempat. ”Dari 20 kades terpilih, hanya 19 yang kami lantik hari ini (kemarin, red),” ujar bupati kepada wartawan.

Pelantikan ini dilakukan tanpa menunggu proses hukum pada pilkades lainnya. Sebab, kemarin adalah batas akhir pelantikan sejak ditetapkannya 30 hari kerja lalu.

Dijelaskan, adapun isi putusan sela PTUN atas pilkades Ledang adalah menunda pelantikan kades terpilih Ledang. Dalam hal ini, pihaknya menghormati adanya putusan tersebut. Adapun langkah selanjutnya adalah menunggu hasil putusan dari PTUN Mataram. Apapun putusan dari PTUN siap dilaksanakan oleh Pemda Sumbawa. ”Apa perintahnya itu kita laksanakan. Kita taat hukum kok,” pungkasnya. (run/r4)

Berita Lainnya

Dana Bantuan Korban Gempa Cair Pekan Ini

Redaksi LombokPost

Perpustakaan Cempi Jaya Banggakan Dompu

Redaksi LombokPost

Minyak Sumbawa Sangat Layak Menasional

Redaksi LombokPost

Puluhan Lampu Terpasang, Kota Bima Semakin Terang

Redaksi LombokPost

KPU Dompu Publikasikan Daftar Caleg Sementara

Redaksi LombokPost

Pelayanan RSUD Sumbawa Mulai Dibenahi

Jalan Teladan-Kelawis dan Batu Rotok Tuntas

Berkas SMKN Lunyuk Dikirim ke Kejaksaan

Istri Jadi TKW, GT Hamili Anak Kandungnya