Lombok Post
Metropolis

TGB: Pemimpin Harus Beri Teladan

ALQURAN: Gubernur NTB TGB HM Zainul Majdi memberikan ceramah di Masjid Ukhuwah Islamiyah kampus UI Jakarta, kemarin (16/10).

MATARAMA�– Gubernur NTB TGB HM Zainul Majdi sedang laris-larisnya jadi pembicara. Kali ini orang nomor satu di NTB ini menjadi pembicara dalam Talk Show bertema “Membangun Negeri Madani” di Masjid Ukhuwah Islamiyah kampus Universitas Indonesia-Depok Jakarta, Sabtu (15/10).

Dalam talk show ini, TGB menyajikan materi dengan tema Alquran, Kepemimpinan dan Peradaban: Ideal Muslim Leader in 21st Century. Secara umum ia menguraikan makna hubungan antara Alquran, kepemimpinan dan peradaban, kemudian berbagai upaya yang telah dilakukan untuk memajukan pembangunan daerah NTB hingga pengembangan wisata halal di NTB. Semua itu dilandasi dengan nilai-nilai Alquran.

Acara yang diselenggarakan pengurus masjid ukhuwah Islamiyah UI ini dihadiri pengurus masjid, kalangan akademisi, mahasiswa dan masyarakat umum.

Beberapa hal yang disampaikan TGB dalam kesempatan itu, antara lain Alquran adalah kitab suci yang menjadi pedoman hidup yang harus dimuliakan. Caranya adalah sungguh-sungguh mempelajari, memahami apa yang terkandung di dalamnya. Serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam keluarga, masyarakat, kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Upaya mengkaji Alquran harus terus ditanamkan dalam pribadi muslim agar muncul kesepahaman, memahami ide dan gagasan dalam Alquran secara utuh untuk peradaban kita,” katanya.

Menurutnya, kepemimpinan dalam Alquran memiliki dimensi yang sakral. Karena ketika seorang pemimpin mengemban tugas kepemimpinannya, hal yang pertama dilakukan adalah bertransaksi

dengan Tuhannya. Berjanji melaksanakan kepemimpinan itu dengan penuh amanah dan tanggung jawab.

Kepemimpinan yang efektif itu, bila pemimpin mampu menjadi teladan bagi ummatnya. “Kebaikan suatu masyarakat, bangsa dan negara tergantung bagaimana pemimpinnya,” ujar TGB.

Kepemimpinan menurutnya juga bermakna pelayanan, bila seorang pemimpin mendapat tanggung jawab, maka tugas pentingnya adalah memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. (ili/r5)

Berita Lainnya

Belum Satu pun Rumah Tahan Gempa yang Terbangun

Redaksi LombokPost

BPBD Tunggu Perintah Perkim

Redaksi LombokPost

Jembatan Sungai Jangkuk Sudah Lama Ambles, tapi Dicuekin!

Redaksi LombokPost

Anak Muda sampai Pengusaha Berebut Buat Karikatur

Redaksi LombokPost

Kartu Nikah Sebatas Wacana

Redaksi LombokPost

169 Formasi Gagal Terisi

Redaksi LombokPost

Sepakat, UMK Mataram Rp 2.013.000

Redaksi LombokPost

Target Diprediksi Meleset!

Redaksi LombokPost

Kurang Perhatian, Sungai Ancar Meluap

Redaksi LombokPost