Lombok Post
Bima - Dompu

Tiga Truk Kayu Terjaring Operasi

Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Bima Nurdin

BIMA – Setelah menggelar operasi gabungan selama satu pekan, akhirnya kinerja tim gabungan Dinas Kehutanan (Dishut) Kabupaten Bima membuahkan hasil. Tiga truk pengangkut kayu terjaring dalam operasi tersebut. Tiga truk itu diamankan di kawasan hutan produksi Tambora yang kini berada dalam pengelolaan PT AWB.

“Sekarang tiga truk kayu itu sudah diamankan polisi,” ungkap Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Bima Nurdin,kemarin.

Dijelaskan, sejumlah kayu yang diamankan itu langsung dibawa PT AWB. Hingga kemarin, tiga truk kayu tersebut masih diamankan untuk menelusuri asal usul kayu dan perizinannya. Artinya, dugaan adanya kayu ilegal yang diangkut melalui jalur Kiwu – Sampungu semakin kuat kebenarannya.

“Makanya sekarang kami terus kembangkan,” kata Nurdin.

Dia juga membenarkan sebagian izin AWB telah dibekukan. Namun, justru kini sudah dikembalikan oleh Dirjen Pengelolaan Hutan berupa izin hak pengelolaan hutan (HPH). “Memang izinnya sempat dicabut Gubernur NTB. Tapi kami dapat pemberitahuan lagi oleh dirjen jika diaktifkan kembali,” beber Nurdin.

HPH PT AWB di Tambora meliputi wilayah Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima. Sedangkan aktivitas PT AWB masih dilakukan di wilayah Tambora Dompu seperti di Doro Peti. “Kalau di kawasan hutan Tambora Bima belum ada aktivitas,” katanya.

Hal ini juga yang menyebabkan Dishut Bima tidak bisa mengawasi dugaan illegal logging oleh PT AWB. “Kalau saja aktivitas tersebut di Bima, ya tentunya bisa ditindak,” pungkasnya. (cr-tin/r4)

Berita Lainnya

IKKB Papua Barat Bantu Korban Gempa

Redaksi LombokPost

Etos Kerja Harus Meningkat selama Ramadan

Pemkot Bima Lanjutkan Perbaikan Infrastruktur Sisa Banjir

Redaksi LombokPost

Miliki Sabu, IRT Diringkus

Ops Ketupat Gatarin 2018 Dimulai

Masih Ditemukan Makanan Kedaluwarsa

Penataan Ama Hami Dilanjutkan

Berkas Ketua PDIP Kota Bima Dilimpahkan ke Kejaksaan

Redaksi LombokPost

KPU Kota Bima Mulai Lipat Surat Suara