Lombok Post
Selong

Kapal Keruk Labuhan Haji Belum Beroperasi

BERLABUH: Dari kejauhan Kapal Cai Jun 1 yang akan mengeruk kolam labuh dermaga Labuhan Haji telah tiba sejak 19 Oktober lalu. Namun, hingga saat ini kapal tersebut belum mulai beroperasi.

SELONG – Kapal Cai Jun 1 telah berlabuh di Dermaga Labuhan Haji, Lombok Timur (Lotim). Kapal yang didatangkan Pemkab Lotim untuk pengerukan Kolam Labuh di Dermaga Haji ini tiba 19 Oktober lalu. Namun, hingga saat ini, kapal ini masih belum mulai beroperasi.

“Kapalnya masih berlabuh belum bersandar. Karena kan kedalamannya masih belum bisa untuk nyandar di pelabuhan. Jadi untuk sementara kapalnya berlabuh di tengah dulu,” kata Rosmayadi, petugas fasilitas Unit Penyelenggara Pelabuhan Labuhan Haji.

Dikatakan, kapal ini tidak datang sendirian melainkan ditemani Tugboat Cai Jun Ting. Dimana, kapal tugboat ini merupakan kapal operasional yang mengurus segala keperluan kapal pengeruk.

“Nanti kan kapal Cai Jun Ting ini yang ke sana kemari memenuhi kebutuhan awak kapal pengeruk. Kapal ini juga nanti membantu menarik kapal Cai Jun. Karena kapal itu nggak bisa bergerak sendiri,” jelas Rosmayadi.

Sementara itu Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Labuhan Haji, saat ini kapal pengeruk kolam labuh ini masih belum beroperasi. Itu menunggu petunjuk teknis dari Dinas PU Lotim.

“Kalau teknisnya semuanya Dinas PU yang punya kewenangan. Tapi informasi awalnya nanti akan dikeruk hingga kedalaman tujuh meter,” kata dia kepada Lombok Post.

Pengerukan bertujuan untuk memudahkan kapal yang bersandar melakukan bongkar muat di Dermaga Labuhan Haji. Selain kapal Cai Jun 1 selama Bulan Oktober dijelaskan ada tiga kapal yang sudah bersandar. Diantaranya yakni kapal Arlyn yang mengangkut cangkang sawit, kapal pengangkut minyak SPOB Pangrango, dan kapal Cai Jun ini sendiri.

Terpisah, Plt Kepala Dinas PU Lotim H Sateriadi menjelaskan bahwa kapal ini akan segera beroperasi Nopember mendatang. a�?Insya Allah pengerukan nanti mulai 5 sampai 10 Nopember bulan depan,a�? jelasnya singkat. (ton/r2)

Berita Lainnya

Dikbud Gagalkan Pernikahan Dini Jelang UN

Redaksi LombokPost

Kepala Disnakertrans Paling Diminati

Redaksi LombokPost

Dinsos Usulkan Tambahan 18 Ribu KK Penerima Jadup

Redaksi LombokPost

M Rido Abdillah, Penderita Tumor Ganas di Rahang dan Mata

Redaksi LombokPost

KPU Laksanakan Rekomendasi Bawaslu

Redaksi LombokPost

Ratusan Guru Jadi PPS dan PPK

Redaksi LombokPost

Ketika Amaq Marisah Terpaksa Membawa Anaknya Mengemis di Pinggir Jalan

Redaksi LombokPost

Puluhan Petugas KPPS dan PPS “Tumbang”

Redaksi LombokPost

Baru Empat Sekolah UNBK Mandiri

Redaksi LombokPost