Lombok Post
Bima - Dompu Headline

Setiap Bulan Bertambah 70 Janda

uswatun-hasanah-shi
Kasubag Informasi PA Dompu Uswatun Hasanah

DOMPU – Angka perceraian di Kabupaten Dompu cukup tinggi. Setiap bulan tercatat sekitar 70 orang wanita menyandang status janda.

Data di Pengadilan Agama Dompu, terhitung Januari 2016 hingga Oktober 2016 sudah tercatat 707 kasus perceraian yang telah diputuskan dalam rentang waktu tersebut. Belum lagi kasus perceraian yang tidak tercatat.

Kasubag Informasi PA Dompu Uswatun Hasanah mengatakan, jumlah 707 itu adalah angka perceraian selama 10 bulan terakhir. Artinya, dalam sebulan ada 70 sampai 80 pasangan suami-istri bercerai.

“Umur pasangan yang cerai rata-rata masih muda. Antara 25 hingga 35 tahun,” sebut Uswatun Hasanah pada Radar Dompu (Lombok Post Group), kemarin.

Dari jumlah itu, sebutnya, angka perceraian di Dompu tahun ini meningkat 15 persen dibanding tahun 2015 lalu. Tahun 2015 tercatat 800 kasus perceraian dan tahun 2014 tercatat 728 kasus perceraian.

“Grafiknya naik setiap tahun. Itu artinya, setiap bulan ada 70 hingga 80 orang menyandang status sebagai janda atau duda baru di Dompu,” terang Uswatun sambil tersenyum.

Dari data itu beber ibu dua anak ini, sekitar 60 persen perceraian digugat pihak istri. Sedangkan 40 persen dari pihak suami.Kata dia, kasus cerai talak meningkat 10 persen dibanding tahun lalu.

Sedangkan 60 persen perceraian digugat oleh istri, karena suami tidak dapat memenuhi kewajibannya dengan baik. Ibu muda asal Dodu Kota Bima ini menambahkan, kebanyakan kasus perceraian karena faktor ekonomi. “Faktor ekonomi selalu jadi pemicu retaknya rumah tangga,” pungkasnya. (jw/r4)

 

Berita Lainnya

Penangan Pascagempa Lamban

Redaksi LombokPost

SMPN 3 Jonggat Terapkan Pembelajaran Berbasis Siswa

Redaksi LombokPost

Pemkab Loteng Siapkan Nikah Massal Gratis

Redaksi LombokPost

Hati-Hati, Pohon Mulai Bertumbangan!

Redaksi LombokPost

Jaksa Kumpulkan 96 Kades Terpilih

Redaksi LombokPost

Memahami Potensi Pemuda

Redaksi LombokPost

IGI Pertanyakan Kebijakan Sukiman

Redaksi LombokPost

26 Oven Untuk Petani Tembakau Lotim

Redaksi LombokPost

Garbi Bakal Gembosi PKS?

Redaksi LombokPost