Lombok Post
Metropolis

Jangan Sepelekan Diare!

MATARAM – Tak hanya DBD, beberapa penyakit lainnya juga menjadi ancaman di musim hujan. Seperti diare dan ISPA. Kenyataannya, diare sering dianggap sepele oleh masyarakat. Padahal dampaknya bisa berujung kematian.

Kepala Puskesmas Mataram H Turmuji mengimbau masyarakat waspada dengan penyakit ini. Terutama di musim penghujan seperti saat ini.

“Penyakit ini sering disepelekan, namun juga bisa berdampak fatal,” ujarnya.

Penyakit ini erat kaitannya dengan kebersihan individu dan lingkungan. Jika terkena diare, penderita akan mengalami buang air besar (BAB) secara terus menerus. Di samping itu, penderita juga akan merasa mual dan muntah. Serta nafsu makan yang turun dan demam tinggi. Pada kondisi tertentu dapat menyebabkan kematian.

Sejauh ini belum ada laporan masuk ke Puskesmas Mataram terkait wabah diare. Namun bukan berarti hal ini dibiarkan begitu saja.A� Keberadaan penyakit ini perlu diantisipasi.

Sebab itu, ia mengimbau warga untuk selalu menjaga dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Mulai dari penerapan cuci tangan sebelum dan sesudah makan serta usai BAB dengan sabun. Selain itu, air harus dimasak sebelum diminum. Perebusan akan membunuh kuman yang ada di dalam air tersebut.

Lingkungan pun harus turut dijaga. Diantaranya dengan menghindari tumpukan sampah di lingkungan rumah. Sampah yang berserakan mempermudah proses perkembangan kuman yang ada.

“Harus diwaspadai, jangan sampai terjadi kolera,” pungkasnya.(fer/r3)

Berita Lainnya

Liburan ke Pantai Penghulu Agung Ampenan Juga Asyik Loo..!!

Redaksi LombokPost

Hasil Produksi Langsung Dibeli Pengusaha

Redaksi LombokPost

DBD Bisa Jadi Ancaman Serius Pengungsi

Redaksi Lombok Post

Ahyar Tidak Puas dengan Hasil CPNS

Redaksi Lombok Post

PLN Luncurkan Layanan Satu Pintu

Redaksi Lombok Post

Hanya Ngebut di Depan Jokowi, Perbaikan Rumah Korban Gempa Lamban

Redaksi Lombok Post

Nuril pun Menangis, Aksi Bela Nuril Terus Mengalir

Redaksi Lombok Post

Ahyar Bakal Evaluasi Muslim

Redaksi LombokPost

UMK Jadi Pertimbangan Kenaikan Upah Honorer

Redaksi LombokPost