Lombok Post
Sumbawa

Disporabudpar Akan Dirombak

Kepala Disporabudpar Sumbawa H Junaidi

SUMBAWA – Rencana strategis (renstra) dan struktur organisasi di Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Sumbawa akan diubah. Hal ini dilakukan guna penataan yang lebih baik di dinas tersebut.

Kepala Disporabudpar Sumbawa H Junaidi mengatakan, khusus bidang pariwisata akan dipecah menjadi dua bidang. Yakni bidang pengembangan destinasi wisata dan bidang promosi pariwisata.

Menurutnya, perlu sinkronisasi program pusat dengan Kabupaten untuk memudahkan integrasi kegiatan. Misalnya ingin mempromosi pariwisata Sumbawa akan berkesinambungan dengan program pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat.

”Kami di Disporabudpar saat ini sedang melakukan identifikasi dan pembenahan organisasi,” kata Junaidi.

Dikatakan, ada kewenangan bagi daerah untuk menyusun dokumen rencana induk pengembangan kepariwisataan. Dokumen ini ditargetkan selesai tahun 2017. Dokumen ini menjadi acuan induk pengembangan pariwisata Sumbawa.

Dokumen tersebut menyesuaikan dengan RPJM, renstra dan kegiatan yang ada di SKPD. Dalam hal kelembagaan, kata Junaidi, pemerintah diamanatkan membentuk Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD). Ada juga lembaga kaitan dengan gabungan urusan kepariwisataan.

”Tiga lembaga ini harus ada dan mendesak diselesaikan di tahun 2017. Termasuk penyesuaian dengan amanat pembentukan OPD (organisasi perangkat daerah) baru,” ujarnya. (run/r4)

Berita Lainnya

Dana Bantuan Korban Gempa Cair Pekan Ini

Redaksi LombokPost

Perpustakaan Cempi Jaya Banggakan Dompu

Redaksi LombokPost

Minyak Sumbawa Sangat Layak Menasional

Redaksi LombokPost

Puluhan Lampu Terpasang, Kota Bima Semakin Terang

Redaksi LombokPost

KPU Dompu Publikasikan Daftar Caleg Sementara

Redaksi LombokPost

Pelayanan RSUD Sumbawa Mulai Dibenahi

Jalan Teladan-Kelawis dan Batu Rotok Tuntas

Berkas SMKN Lunyuk Dikirim ke Kejaksaan

Istri Jadi TKW, GT Hamili Anak Kandungnya