Lombok Post
Sumbawa

Madu Lestari Siap Bedah Rumah Kumuh

PEDULI SESAMA : Ketua kelompok Madu Lestari Semongkat, M. Yamin bersama salah seorang warga dusun Semongkat yang menerima bantuan bedah rumah.

SUMBAWA – Jumat malam (28/10) lalu, pemirsa acara Kick Andy di Metro TV di Kabupaten Sumbawa terkesima. Tamu Andy F Noya, host acara tersebut adalah seorang putra Sumbawa. Dia adalah Muhammad Yamin, warga Dusun Semongkat, Kecamatan Batulanteh, Kabupaten Sumbawa.

Penampilan Yamin saat itu ternyata tidak hanya membawa berkah bagi diri dan keluarganya. Namun juga bagi Kelompok Madu Lestari yang diketuainya. Kelompok ini mendapatkan bantuan sebesar Rp 100 juta. Uang tersebut tidak digunakan hanya untuk kelompok saja, namun disumbangkan kepada seluruh masayarakat Semongkat, tempat kelompok ini berada.

Bantuan tersebut digunakan untuk membantu rumah warga yang dikategorikan tidak layak huni. Sebanyak 15 rumah masyarakat yang ada di Dusun Semongkat akan dibedah oleh kelompok yang terdiri dari ratusan kepala keluarga ini.

Ketua kelompok Madu Lestari M Yamin mengungkapkan selain bantuan kepada masyarakat yang rumahnya sudah tidak layak huni, fasilitas umum seperti MCK juga akan dibangun. Menurutnya niat untuk membantu masyarakat sudah direncanakan setelah undangan yang diterima kelompoknya untuk mengisi acara di stasiun televisi nasional pada awal bulan ini. Menurutnya pada saat rembuk kelompok, berapa pun sumbangan yang akan diterima oleh kelompoknya apabila melebihi dari angka Rp 500 Ribu dari pihak manapun, akan disumbangkan kepada masyarakat yang lebih membutuhkan.

a�?Setelah kami berembuk kami sepakat akan melakukan bedah rumah dan membangun MCK umum. Prisnsip kami, kami bisa seperti sekarang ini karena orang banyak. Sekarang waktunya untuk kami membantu saudara-saudara kami yang membantu membesarkan usaha kami,a�? ujarnya, kemarin.

Dituturkan Yamin, bantuan kepada masyarakat sudah mulai disalurkan sejak pekan lalu. Bahan material yang akan digunakan untuk melakukan bedah rumah dan pembangunan MCK umum seperti kayu, semen, batu, pasir dan batu merah sudah dikirim. Sedangkan untuk proses pembangunan akan dilakukan dalam waktu dekat ini setelah persiapan material rampung disalurkan. Sedangkan untuk proses pengerjaan akan diawasi langsung oleh perwakilan kelompok yang ditunjuk. (han/r4)

Berita Lainnya

Dana Bantuan Korban Gempa Cair Pekan Ini

Redaksi LombokPost

Perpustakaan Cempi Jaya Banggakan Dompu

Redaksi LombokPost

Minyak Sumbawa Sangat Layak Menasional

Redaksi LombokPost

Puluhan Lampu Terpasang, Kota Bima Semakin Terang

Redaksi LombokPost

KPU Dompu Publikasikan Daftar Caleg Sementara

Redaksi LombokPost

Pelayanan RSUD Sumbawa Mulai Dibenahi

Jalan Teladan-Kelawis dan Batu Rotok Tuntas

Berkas SMKN Lunyuk Dikirim ke Kejaksaan

Istri Jadi TKW, GT Hamili Anak Kandungnya