Lombok Post
Metropolis

Tunggu Tanggal Mainnya!

adhar-sir
Kepala Ombudsman NTB Adhar Hakim.

MATARAM – Tim sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli) diharapkan segera action. Hal ini dibutuhkan agar gerakan pemberantasan pungli bisa berjalan lebih masif. “Memang sebaiknya harus ada action segera,” imbuh Kepala Ombudsman NTB Adhar Hakim.

Adhar mengatakan, terkait pungli, Ombudsman tetap melakukan pemantauan. Sebab hal ini merupakan tugas Ombudsman untuk memastikan pelayanan publik bebas dari pungli. “Jadi ada atau tidak ada tim saber pungli, Ombudsman tetap jalan,” katanya.

Tim Saber Pungli sendiri berada di bawah koordinasi Pemprov atau Inspektorat dan Irwasda Polda NTB. Sehingga jika ditanya apa yang sudah dilakukan, merekalah yang bisa menjelaskan ke masyarakat.

“Posisi Ombudsman dalam konteks ini tetap mengawasi tim ini,” jelas Adhar.

Menurutnya, jika ada pertanyaan masyarakat terhadap tim, maka wajar saat ini masyarakat menunggu action. Sebab di beberapa daerah tim saber pungli sudah jalan. Tapi hingga saat ini tim di pemprov memang belum terlihat berjalan.

Jika dilihat praktik pungli di NTB, Ombudsman tetap mendapatkan laporan dari masyarakat. Untuk itu tim yang sudah ada sebaiknya bergerak untuk menjawab keresahan warga. Karena di satu sisi memang perlu ada terapi kejut bagi para pelaku. Sekaligus menunjukkan eksistensi tim. “Semacam operasi tangkap tangan atau penindakan yang dibawa ke ranah hukum,” katanya.

Meski A�Ombudsman berada di luar tim, tapi mereka juga siap bekerja sama untuk memberantas pungli. Sementara itu, Inspektur Inspektorat NTB Ibnu Salim mengaku tim akan segera action. “Liat bentar lagi, tunggu tanggal mainnya,” kata Ibnu.A� (ili/r7)

Berita Lainnya

Ahyar Bakal Evaluasi Muslim

Redaksi LombokPost

UMK Jadi Pertimbangan Kenaikan Upah Honorer

Redaksi LombokPost

Hindari Berkendara Saat Hujan Lebat

Redaksi LombokPost

Pembuatan RISHA Kini Masalahnya Kekurangan Tukang

Redaksi LombokPost

Modal Awal Rp 800 Ribu, Kini Omzetnya Rp 2,5 Juta Sehari

Redaksi LombokPost

Hujan Deras, PDAM Tetap Ngadat

Redaksi LombokPost

Penyakit Menular Serang Anak Pengungsi

Redaksi LombokPost

Waspada ! Semua Pohon Berpotensi Tumbang!

Redaksi LombokPost

Lahan Menyempit, Petani Terjepit

Redaksi LombokPost