Lombok Post
Selong

Pemilih Lotim Capai 967 Ribu

kpu
MUTAKHIRKAN DATA: Ketua KPU Lotim bersama sejumlah stakeholder saat rapat pemutakhiran data di aula KPU Lotim, kemarin (24/11).

SELONG – Suasana Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sudah mulai terasa. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Timur (Lotim) kemarin menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah stakeholder. Tujuannya untuk memutakhirkan data jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang berhak memilih dalam Pilbup Lotim maupun Pilgub 2018 mendatang.

“Ini untuk pemutakhiran data berkelanjutan. Arahan langsung dari KPU RI yang dilakukan setiap tahun,” ungkap Ketua KPU Lotim, M Saleh.

Sejumlah pihak seperti TNI dan Polri ikut diundang. Mengingat nantinya akan ada DPT yang berasal dari kalangan purnawirawan TNI Polri. “Kalau dia masih anggota itu tidak punya hak suara. Tapi ketika dia sudah pensiun nanti dia akan punya hak memilih dan dianggap sebagai pemilih pemula,” terang Saleh.

Selain itu pihak Dinas Sosial dan Dukcapil serta Kecamatan dan Desa juga ikut diundang. Kaitannya dengan jumlah warga yang keluar negeri menjadi TKI hingga jumlah pemilih baru dari kalangan pemilih pemula. ” Karena sesuai ketentuan itu dianggap akan mengganggu jalannya proses Pilkda,” ucapnya.

Sementara dari pihak kecamatan dihrapkan ada upaya untuk menemukan data warga yang telah meninggal dunia guna mensinkronisasikan data pemilih. Mengingat selama ini banyak warga yang telah meninggal dunia namun tidak dilaporkan.

“Inilah yang kita harapkan pihak Kecamatan maupun desa untuk memperoleh data dari kecamatan dan desa,” pintanya.
Saat ini Saleh mengungkapkan jumlah pemilih pemula di tahun 2016 sejakA� Pilkada 2014 lalu mencapai 880 ribu. Jumlah ini diyakini akan terus bertambah. Diperkirkan hingga Pilkada 2018 mendatang ada 967 ribu. (ton/r2)

Berita Lainnya

Kematian Bayi Lotim Menurun

Redaksi LombokPost

PDIP Panaskan Mesin Partai

Redaksi LombokPost

Memahami Potensi Pemuda

Redaksi LombokPost

IGI Pertanyakan Kebijakan Sukiman

Redaksi LombokPost

26 Oven Untuk Petani Tembakau Lotim

Redaksi LombokPost

Pembangunan Rumah Korban Gempa Lamban

Redaksi LombokPost

4564 Honorer Lotim Akan Dievaluasi

Redaksi LombokPost

Akhirnya Darmaga Labuhan Haji Dikeruk Juga!

Redaksi LombokPost

Ditilang, Siswa Madrasah Nangis Minta Pulang

Redaksi LombokPost