Lombok Post
Metropolis

Asyik, Loteng dan Sumbawa Bakal Punya LTSP

wildan-sir
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) NTB H Wildan

MATARAM – Pemprov NTB akan membangun kantor Layanan Terpadu Satu Pintu (LTSP) TKI baru di Lombok Tengah dan Kabupaten Sumbawa. Keberadaan kantor cabang ini diharapkan semakin mendekatkan pelayanan bagi para TKI.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) NTB H Wildan menjelaskan, ada enam kantor cabang LTSP yang akan dibangun di NTB, tapi dilakukan secara bertahap. Tahun 2016, hanya dua kantor yang ditunjuk yakni di Kabupaten Lombok Tengah dan Kabupaten Sumbawa. Karena dua daerah ini yang menyatakan sudah siap. Sebalumnya direncanakan di Lombok Timur tapi karena tidak siap, akhirnya dialihkan ke Lombok Tengah.

Pemda Lombok Tengah dan Sumbawa sudah menyiapkan gedung sebagai kantor pelayanan. Jumlah dana yang akan diberikan untuk operasional antara Rp 800 juta hingga Rp 1 miliar. Sementara untuk pegawainya dari kabupaten, tujuh orang pegawai Imigrasi, tiga dari Disnakertrans dan tiga dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. “Alat insya Allah Desember akan dikirim oleh BNP2TKI,a�? katanya.

Diharapkan, dua lokasi itu menjadi tempat pengurusan segala macam keperluan TKI yang akan berangkat ke luar negeri. Dengan demikian, warga yang ada di Pulau Sumbawa tidak perlu harus bolak balik ke Mataram.

Sementara terkait lemahnya perlindungan TKI di luar negeri, menurut Wildan hal ini menjadi masukan bagi pemerintah untuk perbaikan ke depan. Tapi dengan adanya kantor LTSP di masing-masing kabupaten, paling tidak menjadi upaya serius pemerintah untuk melindungi TKI sejak di kampung halaman. “Untuk perlindungan di luar negeri, pemerintah perlu menggandeng Kementerian Luar Negeri,a�? katanya.

Pihaknya akan menindaklanjuti apa saja yang menjadi kekurangan. Disnakertrans akan meminta kepada BNP2TKI untuk menyampaikan kelemahan ini kepada Kementerian Luar Negeri. (ili/r7)

Berita Lainnya

Pembuatan RISHA Kini Masalahnya Kekurangan Tukang

Redaksi LombokPost

Modal Awal Rp 800 Ribu, Kini Omzetnya Rp 2,5 Juta Sehari

Redaksi LombokPost

Hujan Deras, PDAM Tetap Ngadat

Redaksi LombokPost

Penyakit Menular Serang Anak Pengungsi

Redaksi LombokPost

Waspada ! Semua Pohon Berpotensi Tumbang!

Redaksi LombokPost

Lahan Menyempit, Petani Terjepit

Redaksi LombokPost

Pak Jokowi, Bebaskan Baiq Nuril!

Redaksi Lombok Post

Hati-Hati, Pohon Mulai Bertumbangan!

Redaksi LombokPost

Bikin Menu Nasiq Lobi Hingga Manuq Sebur Saus Lebui

Redaksi LombokPost