Lombok Post
Ekonomi Bisnis

Ground Breaking di HUT NTB

SERAHKAN BANTUAN: GM Pelindo III Cabang Lembar Baharuddin (tengah) menyerahkan bantuan keperluan operasional sekolah kepada Kepala SMK Negeri 1 Lembar kemarin.

MATARAM – PT Pelindo III akan membangun terminal pelabuhan peti kemas dan kapal pesiar senilai Rp 1,2 Triliun di Lembar, Lombok Barat (Lobar). Ground breaking pembangunan terminal kapal pesiar itu akan berlangsung pada 17 Desember 2016.

General Manager PT Pelindo III Baharuddin mengatakan pihaknya sudah memperoleh izin Amdal untuk membangun pelabuhan ini. Nantinya pelabuhan itu dibangun di atas lahan seluas 200 hektare. Pada tahap pertama Pelindo III akan menyelesaikan pembangunan pada lahan 25 hektare.

“Ground breakingnya tepat di HUT NTB. Kami sudah menyiapkan berbagai hal,” kata Baharuddin kepada Lombok Post (29/11).

Dikatakan, pelabuhan tersebut sangat bermanfaat untuk kemajuan NTB. Terlebih saat ini NTB merupakan daerah pariwisata yang perekonomiannya sedang berkembang. Hingga saat ini sebanyak 36 kapal pesiar cruise menyandar di perairan Lombok. Hanya saja, karena lokasi sandarnya jauh dari daratan, tidak banyak penumpang kapal pesiar yang turun untuk berbelanja.

Karenanya dermaga itu diharapkan berdampak terhadap perekonomian NTB. Pelabuhan sepanjang 500 meter itu diperkirakan mampu menampung lima kapal. Baharuddin optimistis pembangunan berjalan lancar.

“Targetnya terminal ini sudah beroperasi pada smester 2 tahun 2018,” ujarnya.

Ketua APINDO NTB Ni Ketut Wolini mengapresiasi berbagai terobosan yang dilakukan di NTB. Terlebih dengan adanya terminal kapal pesiar termasuk dengan terobosan tol laut. Menurutnya, semua itu harus dimanfaatkan semaksimal mungkin terutama oleh pengusaha.

Beragam terobosan di dunia transportasi itu diyakini akan memberikan banyak perubahan di NTB ke depannya. Meski begitu, dia mengimbau semua pihak lebih waspada terhadap serbuan produk ilegal yang masuk ke wilayah NTB.

“Ini tentu sangat positif bagi dunia usaha. Tapi sekali lagi pengawasan di pelabuhan harus lebih ketat,” tandas dia.

Sebagai pengusaha, pihaknya akan menyosialisasikan berbagai hal menyangkut beragam terobosan yang ada kepada semua mitra bisnisnya. Terutama mitra bisnis di luar negeri untuk tidak ragu berinvestasi di NTB. (tan/r3)

Berita Lainnya

BPJS TK NTB Gelar Pasar Murah 2.046 Paket Sembako

Redaksi Lombok Post

BPJSTK NTB Lindungi 25.545 Pekerja Migran Indonesia

Redaksi Lombok Post

BCA Salurkan CSR Untuk Korban Gempa Lombok

Redaksi Lombok Post

ILBB-Ancora Foundation Bantu Korban Gempa Lombok

Redaksi Lombok Post

Bank Mandiri-Hiswana Migas-Pertamina Jalin Kerjasama

Redaksi Lombok Post

Soft Opening Jannah Tour and Travel Meriah

Redaksi LombokPost

Masyarakat Didorong Gunakan Produk Lokal

Redaksi LombokPost

FWD Life Resmi Hadir di Lombok

Redaksi Lombok Post

Golden Palace Hotel Dikunjungi Wakil Duta Besar Australia

Redaksi Lombok Post