Lombok Post
Sumbawa

ATM BNI Dibobol Maling

DIBOBOL : Mesin ATM milik BNI Cabang Sumbawa yang berada di Jalan Durian, Kelurahan Uma Sima dibobol maling, Sabtu (17/12).

SUMBAWA – Sebuah mesin anjungan tunai mandiri (ATM) milik BNI Cabang Sumbawa, dibobol maling, Sabtu (17/12) lalu. Namun, pelaku tidak bisa menjebol tempat penyimpanan uang dalam mesin ATM yang terletak di Jalan Durian, Kelurahan Uma Sima tersebut.

Kepala BNI Cabang Sumbawa Suhartono mengatakan, selain mesin yang rusak, tidak ada kerugian dalam kejadian tersebut. Diperkirakan, kasus ini terjadi sekitar pukul 01.30 Wita. Kemungkinan juga pelakunya dalam hal ini masih mencoba-coba untuk membongkar mesin ATM tersebut. Memang mesinnya sempat dirusak, namun tidak bisa dibongkar.

Menurutnya, kasus ini diketahui karena listrik di lokasi mesin ATM yang lokasinya tepat di samping TK Pembina ini padam. Sebab, box listrik yang tertempel di dinding bagian luar bangunan dirusak. ”Mesin ATM ini kan dikelola vendor yang merupakan anak perusahaan kami. Kalau listriknya padam, tim akan langsung turun melakukan pengecekan,” ujarnya kepada Radar Sumbawa (Lombok Post Group), kemarin.

Saat itu, listrik di lokasi mesin ATM tersebut padam. Namun listrik di wilayah sekitarnya tidak. Karena itu, tim langsung turun ke lokasi. Ternyata, saat timnya tiba, di lokasi tersebut sudah tidak ada orang. Pihaknya menduga pelaku dalam kasus ini terburu-buru dan langsung meninggalkan lokasi.

Karena itu, pihak BNI akan mengecek rekaman CCTV di dalam ruangan mesin ATM. Diduga kuat, saat terduga pelaku masuk, CCTV di dalam ruangan itu masih belum mati. Akibat kejadian ini pihaknya berencana merelokasi mesin ATM tersebut. Tapi untuk merelokasinya tidak mudah, karena harus seizin pihak Bank Indonesia. ”Memang agak rumit. Tapi akan kami pindahkan,” terangnya.

Secara terpisah, Kasat Reskrim Polres Sumbawa AKP Elyas Ericson mengatakan, pihaknya juga sudah mendapatkan informasi mengenai kasus ini. Setelah mendapat informasi, pihak kepolisian langsung turun ke lapangan. Saat itu, pihak bank belum melaporkan secara resmi. Namun, meski belum dilapor, pihaknya langsung turun melakukan olah TKP dan melakukan penyelidikan awal.

”Kami mendapat informasi dari masyarakat, bahwa salah satu mesin ATM milik salah satu bank dirusak. Kami langsung turun ke lapangan melakukan pengecekan,” terang Ericson.

Diduga kuat pengerusakan terjadi antara pukul 01.30 Wita hingga pukul 03.00 Wita. Pengerusakan juga diduga menggunakan linggis untuk mencongkel mesin. Saat ini, pihaknya masih melakukan penyelidikan di lapangan sambil mengumpulkan informasi. Menurut data yang dihimpun timnya, pelaku sempat merusak ATM. Namun, tidak ada uang yang berhasil diambil oleh pelakunya.

Pihaknya juga meminta rekaman CCTV dari pihak bank untuk mengungkap pelakunya. Untuk mengetahui dengan pasti bagaimana cara pelaku mencongkel mesin, pihak kepolisian masih menunggu hasil rekaman CCTV pihak BNI. Apakah pembobolan ini dilakukan dengan cara mencongkel mesin terlebih dahulu, atau terlebih dahulu merusak box listrik di dinding luar bangunan. (run/r4)

Berita Lainnya

Dana Bantuan Korban Gempa Cair Pekan Ini

Redaksi LombokPost

Perpustakaan Cempi Jaya Banggakan Dompu

Redaksi LombokPost

Minyak Sumbawa Sangat Layak Menasional

Redaksi LombokPost

Puluhan Lampu Terpasang, Kota Bima Semakin Terang

Redaksi LombokPost

KPU Dompu Publikasikan Daftar Caleg Sementara

Redaksi LombokPost

Pelayanan RSUD Sumbawa Mulai Dibenahi

Jalan Teladan-Kelawis dan Batu Rotok Tuntas

Berkas SMKN Lunyuk Dikirim ke Kejaksaan

Istri Jadi TKW, GT Hamili Anak Kandungnya