Lombok Post
Bima - Dompu

Pemkot Siapkan Dana Pembelian Excavator Amfibi

Wali Kota Bima HM Qurais H Abidin

KOTA BIMA – Tahun depan Pemerintah Kota (pemkot) Bima akan membeli excavator amfibi. Alat berat itu dibeli untuk mengeruk sampah yang tersangkut di sungai. Pemkot Bima tidak ingin sampah yang menutupi aliran sungai itu memicu banjir.

“Sudah masuk dia anggaran 2017,” kata Wali Kota Bima HM Qurais H Abidin, Minggu (18/12).

Kata dia, pembelian alat berat tersebut karena sangat dibutuhkan. Pasalnya, hampir sepanjang tahun dilakukan pembersihan sampah yang nyangkut di tiang jembatan.

Selama ini pengangkutan sampah dilakukan dengan alat seadanya.Sampah yang berhasil diangkut jumlahnya tidak seberapa. Alhasil masih ada sampah yang tersangkut di tiang jembatan.

“Kalau seperti ini, jelas tidak bisa bersih. Perlu ada alat berat untuk mengeruk sampah-sampah yang sudah mengeras ini,” katanya saat ditemui di jembatan Padolo I.

Menurut dia, dengan adanya excavator amfibi tersebut pembersihan sampah yang menumpuk di tiang jembatan akan lebih mudah.

Sebelumnya, Minggu (18/12) tiga Tim Siaga Bencana Kelurahan (TSBK) dibantu A�Badan Penanggulangan Bencanan Daerah (BPBD), DKPP dan Sat Pol PP melakukan gotong royong mebersihkan sampah di tiang jembatan Padolo I. Sampah yang tersangkut di jembatan itu menghalangi aliran air. Dikhawatirkan jika air deras pada musim hujan nanti bisa meluber ke jalan.

“Kami sama-sama membersihkan jembatan Padolo I,sebelumnya kami membersihkan jembatan Dam Raba Salo,” ujar Kepala BPBD Kota Bima H Sarafuddin.

Lurah Pane A Faru mengaku melibatkan TSBK Pane untuk kegiatan gotong royong ini. Aksi itu sebagai bentuk perhatian terhadap kebersihan dan menguragi risiko bencana banjir.

“Kita tidak boleh mengandalkan pemerintah saja. Semua pihak harus terlibat dalam hal ini,” katanya. (nk/r4)

Berita Lainnya

Banyak ASN Tidak Peduli Lingkungan

Redaksi LombokPost

Rumah Warga yang Dirusak Massa Diperbaiki

Redaksi LombokPost

UNBK di Kota Bima, Hari Pertama Mati Listrik, Hari Kedua Lancar

Redaksi LombokPost

Puluhan Cangkang Penyu Dimusnahkan

Redaksi LombokPost

Kasus Bunuh Diri di Dompu Mengkhawatirkan

Redaksi LombokPost

Wawali Bima Dukung Pelatihan IT bagi Santri

Redaksi Lombok Post

KPK dan Jamwas Pantau Kasus Dam Kota Bima

Redaksi LombokPost

Sandiaga Janjikan Kesejahteraan

Redaksi LombokPost

Nongkrong, Punggung Tertancap Panah

Redaksi LombokPost