Lombok Post
Ekonomi Bisnis Headline

393 Koperasi Bakal Dibekukan

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM NTB Hj Putu Selly Andayani

MATARAM – Sebanyak 393 koperasi di NTB akan dibekukan pada tahun ini. Dinas Koperasi dan UMKM NTB sudah memverifikasi koperasi yang akan dibekukan itu.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM NTB Hj.Putu Selly Andayani mengatakan pembekuan dilakukan oleh Kementerian Koperasi. Pembekuan dilakukan dengan beberapa alasan. Yakni tidak melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tiga kali berturut-turut, alamat tidak ditemukan, tidak melakukan kegiatan, kepengurusan tidak aktif, dan membubarkan diri.

“Selama 2016, belum ada koperasi yang dibekukan. Karena masih dalam taraf ferivikasi,” kata Selly kepada Lombok Post kemarinA� (1/1).

Mantan Penjabat Wali Kota Mataram itu menjelaskan, jumlah koperasi di NTB sebanyak 4.077 koperasi. Dari jumlah itu, yang aktif sebanyak 2.412 koperasi dan tidak aktif sebanyak 1.665 koperasi. Koperasi yang akan dibekukan tersebar disejumlah kabupaten/kota. Rinciannya di Kota Mataram sebanyak 204 Koperasi, Lombok Barat 2 koperasi, Lombok Timur 72 koperasi, Lombok Tengah 73 koperasi, Bima 16 koperasi, Dompu 24 koperasi dan di Sumbawa 2 koperasi.

“Itu atas usulan Dinas Koperasi dan UMKM NTB,” papar dia.

Selly menjelaskan pembekuan koperasi yang tidak aktif itu merupakan salah satu program reformasi koperasi. Selanjutnya pihaknya akan fokus meningkatkan kualitas dan daya saing koperasi yang ada. Menurut dia,A�sebelum direkomendasikan untuk ditutup, pihaknya sudah berusaha melakukan pembinaan terhadap koperasi-koperasi itu. Sanksi tegas juga diberlakukan terhadap koperasi yang melanggar seperti melakukan praktik perbankan. (tan/r3)

Berita Lainnya

DBD Bisa Jadi Ancaman Serius Pengungsi

Redaksi Lombok Post

Ahyar Tidak Puas dengan Hasil CPNS

Redaksi Lombok Post

Hanya Ngebut di Depan Jokowi, Perbaikan Rumah Korban Gempa Lamban

Redaksi Lombok Post

Nuril pun Menangis, Aksi Bela Nuril Terus Mengalir

Redaksi Lombok Post

Kematian Bayi Lotim Menurun

Redaksi LombokPost

Penyeberangan di Pelabuhan Lembar Molor

Redaksi LombokPost

Polres Loteng Siap Bersinergi Dengan Media

Redaksi LombokPost

PDIP Panaskan Mesin Partai

Redaksi LombokPost

Bangun Tidur, Begal Dicokok Polisi

Redaksi LombokPost