Lombok Post
Praya

PPL Wajib Tingkatkan Kinerja

MENJELASKAN: Plt. Kepala Dinas Petanakakan, yang juga Asisten II Setda Lombok Tengah Nasrun, saat menjelaskan permasalahan bantuan kelompok tani yang seringkali tumpang tindih, beberapa waktu lalu. dedi lombok post

PRAYA – Sejak awal Januari, tugas dan tanggung jawab penyuluh pertanian lapangan (PPL) di Lombok Tengah (Loteng), tidak lagi ditampuk Dinas Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Pertanian (DKP3). Tapi, diambil alih Dinas Pertanian. Dengan begitu, kinerja mereka wajib ditingkatkan, bagaimana pun caranya.

“Saat proses peralihan ke Dinas Pertanian, alhamdulillah Pak Sekda langsung mengumpulkan para PPL, beberapa hari lalu,” kata Asisten II Setda Loteng Nasrun, Sabtu (28/1) lalu.

Dalam pertemuan itu, beber Nasrun Sekda HM Nursiah menyampaikan seruan dan imbaun, agar para PPL sering turun ke petani, melakukan tugas pendataan luas tanam lahan pertanian, RDKK, kebutuhan pupuk, obat-obatan, kondisi irigasi pertanian, embung rakyat, alat pertanian, dan kebutuhan lainnya. “Intinya, mereka harus melaksanakan pendampingan,” katanya.

Dimulai dari pendampingan sebelum masa tanam, masa tanam, pemupukan, hingga panen. Mereka harus menyampaikan pendidikan dan pelatihan tentang peningkatan produktivitas pertanian dan cara membasmi hama yang efektif. “Bila perlu, sebiji padi yang jatuh pun, mereka harus tahu,” tegasnya.

Ke depan, tekan Nasrun para PPL tidak boleh lalai lagi, dalam menangani berbagai persoalan petani. Sebelum masalah terjadi, PPL wajib melakukan deteksi dini dan antisipasi dini. Bukan sebaliknya, turun saat masalah terjadi. Untuk mengetahui keseriusan mereka bekerja, para pejabat UPT Dinas Pertanian di 12 kecamatan di seluruh Loteng, akan melakukan pengawasan kinerja.

Keberadaan mereka harus diketahui para petani, jangan sampai petani malah tidak tahu siapa PPL yang bertugas dimasing-masing desa. Jika itu yang terjadi, sama artinya mencoreng nama baik Dinas Pertanian khususnya dan pemerintah umumnya. “Tolong ini diperhatikan dan jadikanlah pembelajaran dari kelemahan sebelumnya,” seru mantan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian Loteng tersebut.(dss/r1)

Berita Lainnya

Polres Loteng Siap Bersinergi Dengan Media

Redaksi LombokPost

Penangan Pascagempa Lamban

Redaksi LombokPost

SMPN 3 Jonggat Terapkan Pembelajaran Berbasis Siswa

Redaksi LombokPost

Pemkab Loteng Siapkan Nikah Massal Gratis

Redaksi LombokPost

Jaksa Kumpulkan 96 Kades Terpilih

Redaksi LombokPost

Dewan Pertanyakan Penyedia Panel RISHA

Redaksi LombokPost

Kadis Baru Ditugaskan Perangi Calo

Redaksi LombokPost

PT Angkasa Pura I Salurkan Dana Pinjaman Mitra Binaan

Redaksi LombokPost

Pemkab Loteng Bangun Pendeteksi Tsunami

Redaksi LombokPost