Lombok Post
Ekonomi Bisnis

Jasa Perawatan Sepatu Kebanjiran Order

SEMAKIN DIMINATI : Karyawan Mate Premium Shoes Care Mataram berpose di antara sepatu yang sudah bersih. Jasa perawatan sepatu makin dimati masyarakat di musim hujan. EDY/LOMBOKPOST

MATARAM – Bisnis perawatan sepatu kian moncer dengan pangsa pasar mahasiswa dan pekerja. Terutama di musim penghujan saat ini. Tidak sekadar membersihkan dengan detergen khusus, tapi juga pewarnaan ulang terhadap sepatu dengan pewarna khusus (repaint).

Dani Muhammad Husein pebisnis jasa perawatan sepatu Mate Premium Shoes Care Mataram mengatakan tidak mudah membersihkan sepatu dengan hasil berkualitas. Menurutnya ada teknik tersendiri dalam mencuci sepatu.
“Kita mengenal cara fast cleaning dan deep cleaning. Semua jenis sepatu bisa dicuci,” ujar Dani kepada Lombok Post kemarin.

Dani yang sudah setahun menjalankan bisnis jasa perawatan sepatu ini yakin usahanya bakal lancar. Terlebih kesadaran masyarakat Mataram akan kebersihan sepatunya lambat laun makin tinggi. Beberapa jenis bahan sepatu seperti canvas, suede, nubuck, mesh, knit, nylon, dan textile dapat dicuci.

Bisnis perawatan sepatu itu buka dari pukul 12.00 wita hingga pukul 22.00 wita. Beragam jenis noda pada sepatu dapat hilang baik akibat terkena lumpur, aspal, oli, minyak, cat, dan noda lainnya. Dani mengatakan pihaknya menggunakan ditergent impor dan dalam negeri.

“Kalau impor kami mematok harga Rp 25 ribu sampai Rp 50 ribu. Kalau untuk repaint itu seharga Rp 75 ribu sampai Rp 150 ribu,” ujarnya.

Mate Premium Shoes Care itu pertamakali di buka di Jalan Arif Rahman Hakim Karang Bedil Mataram bersamaan dengan Pennylane Barbershop. Awalnya dia agak kesulitan memasarkan bisnisnya itu. Berbekal media sosial serta jejaring bisnisnya, lambat laun semakin banyak yang menggunakan jasanya.

Kini dia mengembangkan bisnisnya dengan membuka outlet ke dua di Distrik 58 di Jalan Majapahit Mataram. Tepatnya di kontainer yang disulap sebagai tempat bisnis. Menurutnya, lokasi itu sangat strategis dan menarik minat konsumen.

Salah satu jasa pembersihan sepatu adalah memutihkan kembali sepatu yang kuning. Dikatakan, sepatu bisa menjadi kuning (yellowing) dikarenakan teroksidasi. Metode unyellowing bisa mengembalikan sepatu yang menguning menjadi putih kembali.

Setidaknya ada 15 sepatu berbagai jenis yang dibersihkan setiap hari. Jumlah itu kian meningkat pada musim hujan seperti yang terjadi akhir-akhir ini. Dia mempekerjakan lima karyawan untuk membantu bisnisnya itu. Mereka sebelumnya dilatih untuk membersihkan sepatu di Jogjakarta. (tan/r3)

Berita Lainnya

Bank Mandiri-Hiswana Migas-Pertamina Jalin Kerjasama

Redaksi Lombok Post

Soft Opening Jannah Tour and Travel Meriah

Redaksi LombokPost

Masyarakat Didorong Gunakan Produk Lokal

Redaksi LombokPost

FWD Life Resmi Hadir di Lombok

Redaksi Lombok Post

Golden Palace Hotel Dikunjungi Wakil Duta Besar Australia

Redaksi Lombok Post

BI Sosialisasi Kartu GPN di Kota Bima

Redaksi Lombok Post

Distribusi Kartu Berlogo GPN Dekati Target

Redaksi LombokPost

Avian Brands Peduli Bangun Kembali Lombok

Redaksi Lombok Post

Harga Bahan Bangunan Naik

Redaksi LombokPost