Lombok Post
Ekonomi Bisnis

Pastikan Kondisi Sembako NTB Aman

TERKENDALI : Kepala Dinas Perdagangan NTB Hj Putu Selly Andayani (dua dari kiri) saat berbicara dengan Antono, distributor sembako di UD Sukses Karya Mandiri Selagalas Kemarin (7/2).Edy Gustan/Lombok Post

MATARAM -A�Dinas Perdagangan NTB memastikan stok sembilan bahan pokok (sembako) di NTB aman meski cuaca buruk melanda. Untuk itu, Kepala Dinas Perdagangan NTB Hj Putu Selly Andayani melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah distributor sembako baik di Mataram dan Lombok Barat kemarin(7/2).

Dalam kesempatan itu Selly melihat langsung kondisi gudang dan persediaan sembako seperti beras, gula, tepung, minyak goreng, dan produk makanan lainnya. Sejumlah perusahaan distributor sembako seperti UD Sukses Karya Mandiri di Selagalas, CV Lumayan Putra Jaya distributor minyak goreng curah, dan CV Anugrah Jaya distributor minyak goreng Bimoli di Abian Tubuh.

Tidak hanya itu, rombongan Disdag NTB juga mendatangi dua gudang beras di Lombok Barat. Hanya saja, kedua gudang beras itu tidak menyimpan gabah maupun beras.
Selly mengatakan pasokan sembako untuk NTB baik Lombok dan Sumbawa terkendali. “Kita lihat langsung bagaimana kondisi gudang dan sembako yang terdistribusi dengan baik,” ujar Selly kepada wartawan di Mataram kemarin (7/2).

Kegiatan itu akan terus dilakukan agar kebutuhan utama masyarakat benar-benar terpenuhi. Selly menegaskan masyarakat tidak perlu khawatir dengan ketersediaan sembako. Lagipula terdapat 30 distributor yang beroperasi di NTB.

A�UD Sukses Karya Mandiri menyediakan beras, gula pasir, tepung terigu, minyak goreng, dan margarin. Menurut Antono, sembako itu terdistribusi setiap hari ke berbagai pasar dan pelanggan. Dia mencontohkan 1000 ton gula pasir Tambora yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen hingga tiga bulan ke depan berjalan.

Begitu juga dengan minyak goreng kemasan, beras, dan margarin. Antono menegaskan cuaca buruk yang saat ini melanda sejumlah wilayah di NTB tidak memengaruhi distribusi sembako. “Kami memiliki transportasi yang memadai untuk distribusi. Ya saya harap cuaca buruk dapat berlalu sepekan ke depan,” papar Antono

. Hal serupa juga terjadi di CV Anugrah Jaya distributor sembako. Perusahaan ini memiliki transportasi yang sangat mendukung distribusi. Ada kapal laut, jasa ekspedisi sendiri, dan sejumlah kendaraan. Terdapat belasan produk yang tersimpan di gudang CV Anugrah Jaya.

Bianto yang juga distributor sembako menjelaskan jika stok sembako tetap lancar. Pihaknya juga menerapkan pola distribusi profesional untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya. Pihaknya juga mendistribusikan sembako ke sejumlah pertokoan. Termasuk pusat perbelanjaan besar di Kota Mataram.

“Ada target yang harus tercapai setiap bulannya sehingga semua produk langsung terdistribusi,” papar dia. (tan/r3)

Berita Lainnya

ILBB-Ancora Foundation Bantu Korban Gempa Lombok

Redaksi Lombok Post

Bank Mandiri-Hiswana Migas-Pertamina Jalin Kerjasama

Redaksi Lombok Post

Soft Opening Jannah Tour and Travel Meriah

Redaksi LombokPost

Masyarakat Didorong Gunakan Produk Lokal

Redaksi LombokPost

FWD Life Resmi Hadir di Lombok

Redaksi Lombok Post

Golden Palace Hotel Dikunjungi Wakil Duta Besar Australia

Redaksi Lombok Post

BI Sosialisasi Kartu GPN di Kota Bima

Redaksi Lombok Post

Distribusi Kartu Berlogo GPN Dekati Target

Redaksi LombokPost

Avian Brands Peduli Bangun Kembali Lombok

Redaksi Lombok Post